Alex Marwata: Saya Sampaikan, Sama Sekali Presiden Tidak Pernah Mengintervensi Perkara di KPK

Wakil Ketua KPK Alexander Marwata.
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta – Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi, Alexander Marwata mengatakan, bahwa pimpinan KPK tidak pernah mendapatkan intervensi dari pihak manapun. Termasuk intervensi dari Presiden Joko Widodo, dalam menangani kasus korupsi.

Kata Irjen Karyoto soal Namanya Disebut Maju Jadi Pimpinan KPK

Alex menjelaskan bahwa pimpinan KPK tetap berada dalam jalur independen sesuai dengan aturan yang ada.

"Apakah selama empat tahun atau jalan lima tahun saya pernah diintervensi oleh Presiden atau pimpinan oleh Presiden? Saya sampaikan, sama sekali Presiden tidak pernah mengintervensi penanganan perkara di KPK,” ujar Alex Marwata kepada wartawan, Jumat 21 Juni 2024.

Jokowi Persilakan KPK Usut Tuntas Korupsi Bansos Presiden

Alex pun menyinggung soal sejumlah menteri yang menjabat di kabinet pemerintahan Presiden Jokowi yang justru ditindak oleh KPK. Ia menyebut pengungkapan korupsi yang dilakukan terhadap menteri pada pemerintahan sekarang, justru meningkat dibanding periode pimpinan KPK sebelumnya.

"Bisa saya buktikan Menteri Kelautan, Menteri Sosial, Kepala Basarnas, Menteri Pertanian. Oh, itu lebih banyak dibandingkan periode sebelumnya lho kalau terkait penindakan pejabat negara setingkat menteri," jelas Alex.

KPK Usut Dugaan Korupsi Proyek Pengerukan di 4 Pelabuhan, Sudah Ada 9 Tersangka

Alex menjelaskan bahwa pimpinan KPK pun minim melakukan komunikasi dengan Jokowi. Sebab, pimpinan KPK hanya bisa bertemu dengan Jokowi saat momen Hari Antikorupsi Sedunia (Hakordia).

"Saya selama empat tahun terakhir tidak pernah dipanggil, diundang Presiden. Kami pimpinan bertemu Presiden hanya saat Hakordia," kata Alex.

Ia menuturkan bahwa banyak rumor yang muncul dalam dinamika KPK saat ini. Alex menyebutkan bahwa kondisi pimpinan KPK saat ini juga dalam kondisi yang baik.

"Jadi kalau terkait dengan, ya, tadi saya sampaikan di luar terlalu banyak rumor," beber dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya