Server PDN Gangguan, Petugas Tetap Layani Keimigrasian Penumpang Agar Tak Ketinggalan Pesawat

Tempat Pemeriksaan Imigrasi Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang.
Sumber :
  • VIVA/Sherly.

Jakarta –  Direktorat Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM RI melalui akun X @ditjen_imigrasi, mengumumkan perihal adanya gangguan pada server Pusat Data Nasional (PDN) yang terjadi sejak Kamis, 20 Juni 2024.

Dirjen Imigrasi Bingung PDN Tak Punya Back Up Data, Kini Gunakan Cloud Amazon

Masalah ini merupakan imbas dari gangguan sistem pada Pusat Data Nasional (PDN) Kementerian Kominfo.

“Kami sedang mengupayakan pemulihan aplikasi dan data dengan memanfaatkan data backup PDN di Batam dan kami upayakan agar layanan bisa pulih sesegera mungkin," kata Direktur Jenderal Imigrasi Silmy Karim Kamis 20 Juni 2024.

Soal Serangan Siber ke PDN, Muhammadiyah Minta Pemerintah Jujur ke Masyarakat

Meskipun sedang mengalami gangguan, petugas imigrasi mengupayakan melayani proses keimigrasian penumpang internasional agar tidak ketinggalan pesawat.

Suasana Imigrasi TPI Soekarno-Hatta.

Photo :
  • VIVA/Sherly.
Backup Pusat Data Nasional Hanya 2%, Najwa Shihab: Sejak Kapan Kita Dianggap Penting?

"Meskipun sistem sedang terkendala, Imigrasi tetap memberikan pelayanan seoptimal mungkin agar penumpang tetap berangkat sesuai jadwal pesawat, begitupun pada saat kedatangan," jelas Silmy.

Untuk sementara, penumpang pesawat dianjurkan agar datang lebih awal ke bandara, hal ini untuk mengantisipasi proses pemeriksaan yang belum dapat berjalan sebagaimana mestinya.

Masyarakat yang sudah terjadwal datang ke kantor imigrasi untuk wawancara dan pengambilan data biometrik paspor, sambung Silmy, tetap dilayani seperti biasa

"Ditjen Imigrasi akan segera menyampaikan kepada masyarakat apabila sistem PDN Kementerian Kominfo sudah kembali normal dan layanan keimigrasian sudah bisa beroperasi sepenuhnya," tutup Silmy.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya