Server PDN Alami Gangguan, Pemeriksaan Keimigrasian di Bandara Ngurah Rai Antre, Tapi Teratasi

Penumpang di Bandara I Gusti Ngurah Rai saat pemeriksaan keimigrasian menggunakan auto gate.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Maha Liarosh (Bali)

VIVA – Server Pusat Data Nasional (PDN) milik Kominfo mengalami gangguan pada Kamis, 20 Juni 2024. Hal itu berdampak pada pelayanan tempat pemeriksaan imigrasi pada Bandara dan Pelabuhan.

Backup Pusat Data Nasional Hanya 2%, Najwa Shihab: Sejak Kapan Kita Dianggap Penting?

Kepala Bidang Teknologi Informasi Keimigrasian Ngurah Rai Bali Nyoman Asta B mengatakan, kondisi ini juga berdampak di pemeriksaan keimigrasian Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali.

Penumpang di Bandara I Gusti Ngurah Rai saat pemeriksaan keimigrasian menggunakan auto gate

Photo :
  • VIVA.co.id/Maha Liarosh (Bali)
Perenang Singapura Raih Medali Emas pada 2nd SEA OWS Championship 2024

Dengan adanya gangguan server PDN milik kominfo itu, Nyoman Asta membenarkan terjadinya antrean di konter pemeriksaan imigrasi di Bandara Ngurah Rai Bali.

"Memang benar terjadi antrean tapi masih diantisipasi rekan-rekan di bandara," jelas Nyoman Asta, Jumat, 21 Juni 2024.

Luncurkan Produk Baru, Epson Dukung Pemerintah RI Meningkatkan Penggunaan Produk Dalam Negeri

Ia menjelaskan, dengan terjadinya antrean, pihaknya menambah personil imigrasi, sehingga pemeriksaan berjalan dengan lancar.

"Pemeriksaan lancar kita juga telah menambah personil," imbuhnya.

Sebelumnya, Dirjen Imigrasi Silmy Karim memberikan penjelasan, pihaknya tetap melayani pelintasan orang asing di bandara dan pelabuhan. Termasuk, permohonan pembuatan paspor.

"Kami sedang mengupayakan pemulihan aplikasi dan data dengan memanfaatkan data backup PDN di Batam dan kami upayakan agar layanan bisa pulih sesegera mungkin,” ujar Direktur Jenderal Imigrasi Silmy Karim, Kamis 20 Juni 2024.

Menurut Silmy, Penumpang pesawat di  bandara internasional dan akan melakukan penerbangan tetap dilayani oleh petugas imigrasi.

Pihaknya mengimbau, penumpang pesawat dianjurkan agar datang lebih awal ke bandara untuk mengantisipasi proses pemeriksaan yang belum dapat berjalan normal.

Sementara, masyarakat yang sudah terjadwal datang ke kantor imigrasi untuk wawancara dan pengambilan data biometrik paspor tetap dilayani seperti biasa.

"Tapi permohonan percepatan paspor satu hari jadi belum dapat dilayani dan akan segera beroperasi kembali setelah sistem normal," kata Silmy.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya