Sederet Bintang Kehormatan hingga Brevet Satuan Elite TNI yang Dimiliki Prabowo

Menteri Pertahanan sekaligus Presiden RI terpilih Prabowo Subianto usai diberikan tanda kehormatan Bintang Bhayangkara Utama.
Sumber :
  • Tim Media Prabowo

VIVA – Menteri Pertahanan RI yang juga Presiden terpilih, Prabowo Subianto baru saja menerima penghargaan tanda kehormatan Bintang Bhayangkara Utama dari Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia atau Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo.

BKPRMI Siap Kirim Kader Terlatih Bantu TNI di Gaza, Said Aldi: Ini Masalah Kemanusiaan Serius

Prosesi pemberian penghargaan kelas tertinggi dari Bintang Bhayangkara ini bertempat di Gedung Rupatama Mabes Polri, Jakarta, Kamis, 20 Juni 2024. 

Pemberian tanda kehormatan yang diberikan kepada Prabowo ini berdasarkan Keputusan Presiden RI Nomor 112 TK tahun 2022 tentang Penganugrahan Bintang Bhayangkara Utama. 

Makan Bergizi Gratis hingga Utang Jatuh Tempo Rp 800 T, APBN 2025 Menanggung Berat Berat

".. Dengan Rahmat Tuhan Yang Maha Kuasa, menimbang dst, memutuskan dst, menetapkan menganugerahkan tanda kehormatan kepada Jenderal TNI (HOR) (Purn.) Datuk Seri H. Prabowo Subianto Djojohadikusumo Menteri Pertahanan sebagai penghargaan yang berjasa besar terhadap pengembangan dan kemajuan kepolisian, ditetapkan di Jakarta, tertanda Joko Widodo," ujar komandan upacara saat membacakan Surat Keputusan.

Prabowo Subianto Terima Penghargaan Tanda Kehormatan Bintang Bhayangkara Utama

Photo :
  • Polri
Prabowo-Gibran Siap Wujudkan Swasembada Pangan, Bakal jadi Program Prioritas

Penghargaan Bintang Bhayangkara Utama diberikan kepada Prabowo karena berjasa  dalam upaya peningkatan keamanan dan penegakan hukum di negara Republik Indonesia. Prabowo dinilai Polri berhasil dan berjasa besar atas pengembangan dan kemajuan kepolisian republik indonesia

Jenderal Kehormatan

Bintang Bhayangkara Utama yang diberikan menggenapkan penganugerahan Bintang Kehormatan tertinggi Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang pernah diterima mantan Danjen Kopassus itu. Sebelumnya, 4 Bintang Kehormatan dari Mabes TNI dan Tiga Matra Angkatan telah diterima Prabowo. 

Dengan kata lain, Prabowo yang pernah diberhentikan dengan hormat dari kedinasan militer pada November 1998, dengan pangkat terakhir Letnan Jenderal TNI itu, kini seolah pangkatnya 'dipulihkan' -- bahkan ‘naik pangkat’ menyandang pangkat jenderal bintang penuh.

Sebelumnya, Prabowo dianugerahi pangkat Jenderal Kehormatan berdasarkan usulan dari Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto, setelah melalui verifikasi Dewan Gelar, Tanda Jasa dan Kehormatan.

Presiden Jokowi Berikan Pangkat Jenderal TNI Kehormatan ke Menhan Prabowo

Photo :
  • AP Photo/Achmad Ibrahim

Pemberian pangkat Jenderal Kehormatan itu diberikan langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi), dalam sebuah upacara di tengah acara Rapat Pimpinan (Rapim) TNI-Polri di Mabes TNI Cilangkap, Jakarta, Rabu, 28 Februari 2024. 

Presiden Jokowi mengatakan pemberian pangkat Jenderal Kehormatan kepada Prabowo Subianto sesuai dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2009 tentang Gelar, Tanda Jasa, dan Tanda Kehormatan. 

Selanjutnya, Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto mengusulkan agar Prabowo diberikan pengangkatan dan kenaikan pangkat secara istimewa.

"Supaya kita tahu semuanya tahun 2022, bapak Prabowo Subianto ini sudah menerima Bintang Yudha Dharma Utama atas jasa-jasanya di bidang pertahanan sehingga memberikan kontribusi yang luar biasa bagi kemajuan TNI dan kemajuan negara," kata Jokowi 

4 Bintang Kehormatan TNI

Dilansir Kemhan RI, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menerima empat bintang kehormatan yang disematkan oleh Panglima TNI dan 3 Kepala Staf Angkatan pada 15 Agustus tahun 2022. 

VIVA Militer: Upacara penyematan 4 Bintang Kehormatan ke Prabowo Subianto

Photo :
  • Kemhan RI

Empat bintang kehormatan tersebut yaitu: Bintang Yudha Dharma Utama yang disematkan kepada Menhan Prabowo oleh Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa, Bintang Kartika Eka Paksi Utama yang disematkan oleh Kepala Staf TNI AD Jenderal TNI Dudung Abdurrahman. 

Kemudian, Bintang Jalasena Utama yang disematkan oleh Kepala Staf TNI AL Laksamana TNI Yudo Margono, dan Bintang Swa Bhuwana Paksa Utama yang disematkan oleh Kepala Staf TNI AU Marsekal TNI Fadjar Prasetyo. 

Penganugerahan Tanda Kehormatan Bintang Yudha Dharma Utama kepada Menhan Prabowo ini didasari oleh Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 13/Tk/Tahun 2022.  

Bintang Yudha Dharma adalah tanda kehormatan yang diberikan oleh pemerintah untuk menghormati jasa dharmabakti seseorang yang benar-benar dirasakan manfaatnya oleh bangsa dan negara. 

Sementara itu, Bintang Kartika Eka Paksi Utama adalah tanda kehormatan yang diberikan oleh pemerintah untuk menghormati jasa seorang prajurit yang luar biasa untuk kemajuan dan pembangunan TNI Angkatan Darat. 

Sedangkan  Bintang Jalasena Utama adalah bintang kehormatan yang diberikan untuk menghargai kesetiaan, kemampuan, kebijaksanaan dan jasa-jasa yang melebihi kewajiban di bidang tugas kemiliteran Angkatan Laut. 

Adapun Bintang Swa Bhuwana Paksa Utama merupakan tanda kehormatan yang dianugerahkan oleh pemerintah untuk menghormati seorang prajurit atas jasanya yang luar biasa terhadap kemajuan dan pembangunan TNI Angkatan Udara.

Brevet Kehormatan

Diluar gelar Bintang Kehormatan, Prabowo sebagai Menhan juga pernah menerima sejumlah Brevet Kehormatan lintas satuan elite TNI, antara lain Brevet Kehormatan berupa Brevet Hidro-Oseanografi/Surveyor "A" (2021); Brevet Trimedia Intai Amfibi Korps Marinir (2023); Brevet Anti-Teror Aspek Laut (2023); Wing Penerbang TNI AU Kelas I (2023); Brevet Komando Kopasgat (2023); Brevet Pengendali Tempur (Dalpur) Kopasgat (2023) dan Brevet Anti-Teror Aspek Udara (2023).

Sementara Brevet Kualifikasi Kopassus tentunya sudah lama dimiliki Prabowo semenjak perwira muda TNI. Ia merupakan prajurit Infanteri yang memiliki kualifikasi pelatihan komando, free fall dan para komando.

Prabowo juga menyandang Brevet Kualifikasi Penanggulangan Teror (Gultor) dan beberapa Brevet pelatihan komando militer dari Fort Benning, AS, termasuk pelatihan unit taktis operasi khusus anti-terorisme elit dari kepolisian Federal Jerman.

Prabowo terlibat dalam sejumlah penugasan operasi militer pemberontakan di Timor Timur dan pembebasan sandera di Mapenduma, Papua. 

yang juga mantan Pangkostrad ke-XXII,


 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya