Kebakaran Gunung Bromo Berhasil Dipadamkan, Luas Terdampak Masih Diidentifikasi

Kebakaran di Gunung Bromo / Dok Humas BB TNBTS
Sumber :
  • VIVA.co.id/Uki Rama (Malang)

Jawa Timur – Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BB TNBTS) melaporkan kawasan Puncak Lempitan yang berada di sebelah timur selatan Puncak Lamen terbakar sejak Rabu, 19 Juni 2024 sekitar pukul 17.30 WIB. Kebakaran ini berada di Resort PTN Wilayah Gunung Penanjakan kawasan Gunung Bromo

Dua Jemaah Haji Asal Jombang Meninggal Dunia dan Dimakamkan di Tanah Suci

Kepala Bagian Tata Usaha, Septi Eka Wardhani mengatakan, untuk mengatasi persoalan kebakaran ini, petugas berjumlah 20 orang yang terdiri dari Petugas dan MPA Resort PTN Wilayah Gunung Penanjakan, Resort Coban Trisula, Resort Jabung dan MPA Ngadas diterjunkan. 

"Kendaraan dan peralatan yang digunakan untuk memadamkan api antara lain kendaraan roda 2, jet shooter, gepyog dan sabit," kata Septi. 

Menko Polhukam Sebut Ada 164 Wartawan Main Judi Online, Datanya Lengkap di PPATK

Kondisi Gunung Bromo pasca kebakaran

Photo :
  • VIVA/Uki Rama

Kebakaran ini berada di perbatasan Kabupaten Malang dengan Kabupaten Pasuruan. Petugas yang diterjunkan berjibaku untuk memadamkan api hingga si jago merah dinyatakan padam. 

Kurang 10 Kursi di Pilkada Jakarta, Politisi PDIP: PKB Kurang Lebih 10 Kursi, Sudah Cukup Ya

"Api berhasil dipadamkan pada 20 Juni 2024 sekitar pukul 11.00 WIB. Saat ini petugas melakukan proses mop up atau pendinginan di lokasi area terbakar dengan air dari jet shooter," ujar Septi.

Septi memaparkan bahwa jenis tumbuhan yang terdampak antara lain rumput merakan, alang, akasia dan cemara gunung. Sejauh ini kebakaran berhasil dijinakan oleh petugas gabungan BB TNBTS. 

Sementara untuk luas area terbakar masih dalam identifikasi petugas di lapangan. "Saat ini petugas sedang menganalisa dan mengidentifikasi luas area terbakar," tutur Septi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya