Sistem PDN Down, Dirjen Imigrasi Imbau Penumpang Internasional Datang Lebih Awal ke Bandara

Dirjen Imigrasi Kemenkumham Silmy Karim.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Sherly (Tangerang)

VIVA – Direktur Jenderal (Dirjen) Imigrasi Silmy Karim buka suara usai adanya gangguan pada server Pusat Data Nasional atau PDN Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) yang menyebabkan sistem imigrasi di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, terganggu. 

Server Pusat Data Nasional Alami Gangguan, Polri Usut Dugaan Pidana Peretasan

Silmy menjelaskan bahwa memang benar adanya gangguan pada server pusat data pada hari ini. Ia menyebut server yang mengalami gangguan itu memang digunakan oleh imigrasi.

"Iya sedang ada gangguan di PDN Kementerian Kominfo yang kita gunakan untuk server imigrasi," ujar Silmy Karim saat dikonfirmasi, Kamis 20 Juni 2024.

Serangan Ransomware di Indonesia Ungkap Adanya Kerentanan

Silmy mengatakan Pusat Data Nasional tersebut dikelola Kominfo sehingga penyelesaiannya menjadi kewenangan Kominfo. "Imigrasi sebagai pengguna, di mana server kita ada di PDN," ujarnya

Situasi antrean di terminal 3 sumber @jesswjk

Photo :
  • VIVA.co.id/Sherly (Tangerang)
5 Fakta Pusat Data Nasional yang Diserang Hacker

Ia mengimbau masyarakat yang melakukan perjalanan internasional untuk datang lebih awal mengantisipasi antrean di konter imigrasi, karena pemeriksaan akan dilakukan secara manual.

"Datang lebih awal untuk mengantisipasi antrean yang lebih lama di konter imigrasi. Disarankan tiga jam sebelum jadwal penerbangan," ujar Dirjen Imigrasi.

Sebelumnya diberitakan, Antrean mengular panjang terjadi di area pemeriksaan imigrasi Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Rabu, 20 Juni 2024.

Antrean panjang di area keberangkatan itu pun direkam kamera penumpang yang viral di media terjadi. Hal ini terjadi akibat adanya gangguan pada server Pusat Data Nasional atau PDN Kementerian Komunikasi dan Informasi.

Netizen di linimasa X juga mengunggah antrean pada layanan imigrasi di badara Soekarno-Hatta, imbas dari server PDN Kominfo down. 

Akun Jessica @jesswjk juga membagikan suasana di bagian imigrasi yang ramai orang mengantri. Salah satu kejadiannya terjadi di terminal 2F sore ini pukul 16:05 WIB.

Dikonfirmasi, Senior Manager of Branch Communication adn Legal Bandara Soetta, Holik Muardi mengatakan, membenarkan perihal antrean tersebut yang mana, dampak dari adanya gangguan pada server. "Ya, antrean memang ada karena kan di cek manual," katanya saat dikonfirmasi.

Adanya hal itu, pihak pengelola Bandara Soetta melakukan koordinasi dengan pihak imigrasi ataupun otoritas setempat untuk melakukan penguraian antrean. Hal ini karena, terdapat aturan khusus di area tersebut.

"Itu karena khusus, kita (pengelola) tidak bisa serta-merta. Jadi, kita bantu secara fasilitas, tapi kalau petugas memang tidak bisa ada di wilayah imigrasi tersebut, kalau di area tertentu seperti Imigrasi tidak boleh ada petugas lain karena ada undang-undangnya," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya