Alasan Polri Beri Penghargaan Tanda Kehormatan Bintang Bhayangkara Utama ke Prabowo Subianto

Prabowo dapat tanda kehormatan Bintang Bhayangkara Utama dari Polri
Sumber :
  • VIVA.co.id/Foe Peace Simbolon

Jakarta - Menteri Pertahanan RI sekaligus presiden terpilih Prabowo Subianto menerima tanda kehormatan Bintang Bhayangkara Utama dari Polri.

Catat! Ini Rekayasa Lalu Lintas di Kawasan Monas karena Ada HUT Bhayangkara ke-78

Penyematan dilakukan di Rupattama Markas Besar (Mabes) Polri, siang ini. Asisten Kapolri Bidang SDM, Inspektur Jenderal Polisi Dedi Prasetyo mengungkap, penghargaan Bintang Bhayangkara Utama Polri kepada Menhan Prabowo merupakan bentuk apresiasi terhadap kerjasama dalam mengamankan NKRI.

Prabowo Subianto Terima Penghargaan Tanda Kehormatan Bintang Bhayangkara Utama

Photo :
  • Polri
Kawal Program Prabowo, Relawan Gibran Bagikan Makanan Gizi Gratis di Jakut hingga Jaksel

“Hari ini Kapolri memberikan penghargaan kepada Menhan Prabowo Subianto Bintang Bhayangkara Utama Polri. Ini adalah penghargaan yang diberikan atas hubungan timbal balik dan Kerjasama dalam upaya peningkatan keamanan NKRI," kata Dedi, Kamis, 20 Juni 2024.

Eks Kepala Divisi Hubungan Masyarakat Polri itu menambahkan, Menhan Prabowo punya jasa besar guna kemajuan dan pengembangan Korps Bhayangkara. Dalam berbagai kesempatan, Prabowo Subianto terus mengingatkan peran dan fungsi TNI bersama Polri yang sangat penting bagi rakyat dan juga negara. 

Peringati HUT ke-78 Bhayangkara, Pesan Panglima TNI untuk Polri

Dukungan kepada penguatan Polri, lanjutnya, juga pernah disampaikan Prabowo saat jadi pembicara dalam dialog kebangsaan di Sekolah Staf dan Pimpinan Lembaga Pendidikan dan Pelatihan (Sespim Lemdiklat) Polri, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. 

Saat itu, katanya, Menhan Prabowo menegaskan TNI dan Polri adalah jaminan terakhir NKRI. Maka dari itu, rakyat membutuhkan TNI-Polri yang kuat dengan kualitas SDM tangguh dan unggul. Adapun penghargaan Bintang Bhayangkara Utama adalah tanda kehormatan yang diberi oleh Pemerintah guna menghormati jasa seseorang memajukan dan mengembangkan Kepolisian Negara Republik Indonesia.

Dalam Peraturan Kapolri Nomor 4 Tahun 2012, kata dia, disebutkan terdapat tiga tanda kehormatan Bintang Bhayangkara, yakni Bintang Bhayangkara Utama, Bintang Bhayangkara Pratama, dan Bintang Bhayangkara Nararya. Bintang Bhayangkara Utama kelas tertinggi, disusul Bhayangkara Pratama dan Bhayangkara Nararya.

Prabowo Subianto Terima Penghargaan Tanda Kehormatan Bintang Bhayangkara Utama

Photo :
  • Polri

Sebelumnya diberitakan, Menteri Pertahanan (Menhan) RI sekaligus presiden RI terpilih periode 2024-2029, Prabowo Subianto akan menerima tanda kehormatan Bintang Bhayangkara Utama dari Polri.

Kabiro Humas Setjen Kemhan RI, Brigjen TNI Edwin Adrian Sumantha mengatakan, penyematan tanda kehormatan itu akan dilakukan langsung oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo pada Kamis, 20 Juni 2024 siang ini.

"Benar, akan dilaksanakan penyematan tanda kehormatan Bintang Bhayangkara Utama oleh Kapolri kepada Menteri Pertahanan RI, Bapak Jenderal TNI (Purn) Prabowo Subianto Djojohadikusumo," kata Edwin kepada wartawan, Kamis, 20 Juni 2024.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya