Server Pusat Data Nasional Down, Antrean Imigrasi Mengular di Bandara Soetta

Situasi antrean di terminal 3 sumber @jesswjk
Sumber :
  • VIVA.co.id/Sherly (Tangerang)

VIVA - Antrean mengular panjang terjadi di area pemeriksaan imigrasi Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Rabu, 20 Juni 2024.

Server Pusat Data Nasional Alami Gangguan, Polri Usut Dugaan Pidana Peretasan

Antrean panjang di area keberangkatan itu pun direkam kamera penumpang yang viral di media terjadi. Hal ini terjadi akibat adanya gangguan pada server Pusat Data Nasional atau PDN Kementerian Komunikasi dan Informasi.

Netizen di linimasa X juga mengunggah antrean pada layanan imigrasi di badara Soekarno-Hatta, imbas dari server PDN Kominfo down. 

Serangan Ransomware di Indonesia Ungkap Adanya Kerentanan

Akun Jessica @jesswjk juga membagikan suasana di bagian imigrasi yang ramai orang mengantri. Salah satu kejadiannya terjadi di terminal 2F sore ini pukul 16:05 WIB.

5 Fakta Pusat Data Nasional yang Diserang Hacker

Dikonfirmasi, Senior Manager of Branch Communication adn Legal Bandara Soetta, Holik Muardi mengatakan, membenarkan perihal antrean tersebut yang mana, dampak dari adanya gangguan pada server. "Ya, antrean memang ada karena kan di cek manual," katanya saat dikonfirmasi.

Adanya hal itu, pihak pengelola Bandara Soetta melakukan koordinasi dengan pihak imigrasi ataupun otoritas setempat untuk melakukan penguraian antrean. Hal ini karena, terdapat aturan khusus di area tersebut.

"Itu karena khusus, kita (pengelola) tidak bisa serta-merta. Jadi, kita bantu secara fasilitas, tapi kalau petugas memang tidak bisa ada di wilayah imigrasi tersebut, kalau di area tertentu seperti Imigrasi tidak boleh ada petugas lain karena ada undang-undangnya," ujarnya.

Dikonfirmasi, pihak Imigrasi Bandara Soetta pun membenarkan. Dimana, gangguan server pusat data nasional (PDN) Kominfo yang hampir terjadi di semua kantor Imigrasi dan instansi atau lembaga lain yang juga menyimpan data di Pusat Data Nasional.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya