Susi Pudjiastuti, Dedi Mulyadi dan Ilham Habibie Dilirik PDIP untuk Maju Pilkada Jabar 2024

Ono Surono, Ketua PDIP Jawa Barat sekaligus anggota Komisi IV DPR RI
Sumber :
  • VIVA/Adi Suparman

VIVA – Ketua DPD PDI Perjuangan (PDIP) Jawa Barat, Ono Surono, menyatakan bahwa partainya mempertimbangkan untuk mengusung mantan Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti, pada Pilkada Jawa Barat 2024.

Pj Gubernur Papua Tengah Siap Sukseskan Pilkada 2024 Usai Dikasih Reward oleh KPU

"Ada statement Bu Susi beliau apabila diminta masyarakat, beliau akan siap. PDIP akan dalami itu, apakah Bu Susi siap untuk kami usung," kata Ono di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu 19 Juni 2024, dilansir dari Antara.

Susi Pudjiastuti, pendiri sekaligus pemilik maskapai penerbangan Susi Air, juga mantan Menteri Kelautan dan Perikanan,

Photo :
  • VIVAnews/Fikri Halim
Bima Arya Kunjungi Dedi Mulyadi, Nyatakan Siap Bertanding di Pilkada Jabar

Ono menilai bahwa Susi Pudjiastuti merupakan sosok yang potensial untuk diusung dalam Pilkada Jawa Barat 2024, ia juga mengaku akan berusaha berkomunikasi langsung dengan pengusaha perikanan dan aviasi asal Pangandaran tersebut untuk maju dalam Pilkada Jawa Barat 2024.

"Kita bisa dorong partai lain eksplor lebih jauh kesiapan Bu Susi. Menurut saya Bu Susi figur-nya menarik," ujarnya.

Analisis Pengamat soal Peluang PDIP Usung Kaesang di Pilkada Jateng meski Banyak Kader Potensial

Sebelumnya, Ono sebagai perwakilan PDIP juga melirik Dedi Mulyadi untuk maju sebagai Calon Gubernur Jawa Barat pada Pilkada 2024 bulan November mendatang. 

Dedi Mulyadi

Photo :
  • VIVA.co.id/Adi Suparman (Bandung)

Ono mengungkapkan bahwa partainya telah berbincang dengan Partai Gerindra, yang juga telah menunjukkan minat terhadap Dedi Mulyadi.

Dedi Mulyadi dikenal sebagai politisi yang sering kali tampil dengan pakaian adat Sunda. Karier politiknya di tingkat nasional dimulai ketika ia berhasil terpilih menjadi anggota DPR RI pada Pemilu 2019 dan mantan Bupati Purwakarta 2008-2018.

Bukan hanya Susi Pudjiastuti dan Dedi Mulyadi, Ilham Akbar Habibie juga berpotensi diusung oleh PDIP dalam Pilkada Jawa Barat 2024.

Ilham Akbar Habibie.

Photo :
  • VIVA/Misrohatun Hasanah

Ilham Akbar Habibie adalah seorang insinyur dan pengusaha Indonesia yang juga dikenal luas sebagai putra dari mantan Presiden Indonesia, B.J. Habibie. Ketertarikan PDIP kepada Ilham karena namanya telah mendapatkan rekomendasi untuk maju Pilkada Jawa Barat 2024 dari Partai Nasdem.

Meskipun Susi Pudjiastuti, Dedi Mulyadi dan Ilham Habibie menjadi nama yang masuk ke dalam bursa calon Gubernur Jawa Barat 2024 dari PDIP, namun PDIP belum melakukan diskusi lebih lanjut kepada tiga nama tersebut dan masih mendalami hal ini sebelum akhirnya dicalonkan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya