Haji 2024 Dinilai Sukses, JMM Puji Pelayanan Maksimal PPIH: Cepat dan Tanggap

Jemaah Haji Indonesia 2024
Sumber :
  • Istimewa

Mekkah – Jaringan Muslim Madani (JMM) mengapresiasi panitia penyelenggara ibadah haji (PPIH) 2024 atas suksesnya penyelenggaraan ibadah haji musim 2024 dengan pelayanan maksimal kepada jemaah dari pemondokan, transportasi, konsumsi, kesehatan hingga layanan lansia dan disabilitas.

Kepala BP Haji Gus Irfan Harap Seleksi PPIH 2025 Lebih Baik Dari Sebelumnya

Direktur Eksekutif JMM, Syukron Jamal mengatakan indikator suksesnya penyelenggaraan ibadah haji 2024 ini adalah lancarnya proses puncak haji di Armuzna (Arafah, Muzdalifah, Mina) yang menjadi fase penting dan krusial dimana dalam pelaksanaannya jemaah terlayani dengan baik dalam menjalankan ibadah yakni wukuf, mabit dan lempar jumrah.

Ilustrasi Jemaah haji saat wukuf di Arafah

Photo :
  • Dok Kemenag
Dahnil Anzar Ingatkan Pesan Presiden Prabowo Jangan Main-main Dengan Pengelolaan Haji

"Pantauan kami langsung di lapangan mengikuti rangkaian puncak haji Armuzna manajemen pelayanan berjalan baik dan matang seperti skema murur di Muzdalifah hingga arus pergerakan Jemaah ke Jamarot dengan pelayanan maksimal petugas haji," ujar Syukron kepada media di Jamarot, Mina, Mekah, Rabu 19 Juni 2024.

Atas suksesnya fase puncak haji tersebut, menurut Syukron tahun ini tidak terjadi hal-hal yang dikhawatirkan banyak pihak terkait dengan risiko keselamatan jemaah haji Indonesia. 

LBH APIK Sebut Langkah Cepat Usut Kasus Agus Buntung Komitmen Serius Polri Tangani Kekerasan Seksual

"Dengan maksimalnya pelayanan tersebut hal-hal krusial pada fase puncak haji seperti jemaah kelelahan, hilang dan tersesat dapat betul-betul diminimalisir dan diatasi dengan cepat dan tanggap oleh PPIH utamanya melalui peran petugas haji di lapangan," tutur Syukron.

Jemaah haji Indonesia mulai tiba di Arafah

Photo :
  • Media Center Haji 2024

Adapun terkait layanan pemondokan di Mina overload banyak disoroti oleh segelintir pihak, JMM kata Syukron menilai kenyataan di lapangan tidak semua terjadi sehingga tidak bisa digeneralisir. 

"Saya ikut bermalam hingga nafar tsani, kondisi secara umum baik. Pemondokan tidak ada masalah, Makanan berlimpah. Jika pun ada kendala-kendala seperti antre di kamar mandi itupun tidak berlangsung lama dan tidak krodit, hanya berlangsung pada waktu-waktu tertentu," jelasnya. 

Jemaah Haji Indonesia

Photo :
  • Media Center Haji 2024

"Jadi saya kira soal pelayanan-pelayanan dan sukses penyelenggaraan itu bisa langsung ditanyakan kepada jemaah kita yang merasakan langsung dan silahkan dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya," tegas Syukron.

Terakhir Syukron berharap sukses penyelenggaraan haji 2024 ini dapat terus ditingkatkan atau minimal dipertahankan pada tahun-tahun yang akan datang sehingga jemaah haji Indonesia dapat terlayani dengan baik dalam menjalankan ibadah di tanah suci untuk menggapai haji yang mabrur.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya