Kronologi Kebakaran Gedung Graha CIMB Niaga Sudirman, Kini Telah Beroperasional Normal

Ilustrasi pemadam kebakaran.
Sumber :
  • Reporter-News

Jakarta –  Belum lama ini media sosial dikejutkan kabar kebakaran yang terjadi di area basement Gedung Graha CIMB Niaga di Jalan Jenderal Sudirman, Senayan, Jakarta Selatan pada Sabtu, 15 Juni 2024.

Kebakaran Landa Pemukiman di Kampung Bali Tanah Abang, 10 Rumah Hangus Terbakar

Kejadian tersebut untungnya cepat ditangani oleh tim pemadam kebakaran sendiri sampai mengerahkan belasan unit mobil damkar dan puluhan personel mereka untuk memadamkan api.

⁠ Kini PT Graha Niaga Tata Utama (GNTU) sebagai pengelola gedung memastikan operasional Gedung Graha CIMB Niaga telah kembali normal pasca kebakaran yang terjadi sabtu lalu tanggal 15 Juni 2024.

Ditjen Bina Adwil Kemendagri Jajaki Kerja Sama RI-Tiongkok Dalam Penanggulangan Kebakaran

Building Manager GNTU Yodhie Iman menyampaikan perihal kebakaran di Gedung Graha CIMB Niaga pada tanggal 15 Juni 2024 dan berhasil dipadamkan. Menurut keterangan dari Manajemen Gedung Graha CIMB Niaga, berikut ini kronologi kebakaran yang menimpa perusahaannya.

  1. Kebakaran terjadi pada pukul 12.35 WIB di Lantai B1 Gedung Graha CIMB Niaga, di salah satu area tenant kami.
  2. Pada pukul 13.30 WIB, api sudah berhasil dipadamkan dan dilanjutkan dengan pendinginan atas kerjasama yang baik dan kesiapsiagaan antara Tim Tanggap Darurat Gedung Graha CIMB Niaga, petugas pemadam kebakaran baik dari kawasan SCBD (Danayasa) maupun dari pemadaman kebakaran Pemda DKI. 
  3. Dalam peristiwa kebakaran tersebut tidak terdapat korban jiwa maupun luka. 
  4. Kerusakan berhasil dicegah agar tidak meluas dan dilokalisir hanya di area sewa ruang tenant yang terdampak saja. 
  5. Penyebab kebakaran masih dalam pendalaman investigasi dan pengumpulan informasi.
Keluarga Korban Desak Polisi Usut Tuntas Kebakaran Tewaskan Satu Keluarga di Karo

Dalam penjelasannya Yodhi menyampaikan kebakaran di Graha CIMB Niaga segera diketahui titik api dalam ruang tenant.

"Mengingat posisi kebakaran dalam ruang tenant maka Tim MKKG GNTU (Manajemen Keselamatan Kebakaran Gedung) segera mendobrak pembatas ruangan dan masuk untuk melakukan pemadaman api dilanjutkan dengan pemadaman aliran listrik,” ujar Yodhi.

Nurhidayat – Head Of Building Engineering menambahkan “Sumber api diketahui berasal dari ruang belakang tenant di B1, tim GNTU secara bersamaan segera menghubungi Pemadam Kebakaran Tim Damkar SGA (Danayasa) dan tim damkar DKI Sektor Pusat.

Bantuan segera datang dan secara cepat personil yang hadir melakukan pemadaman api,” kata Dayat.

“Hari Minggu tanggal 16 Juni 2024, Gedung sudah beroperasional normal pararel melaksanakan pembersihan pada area yang terdampat kebakaran. Hari minggu ada tenant kami yang sudah melakukan kegiatan di lantai yang berbeda, sekitar 200 orang," kata Dayat.

"Hari Selasa tanggal 18 Juni 2024, tenant kami juga melaksanakan kegiatan/function sejumlah 60 
orang, alhamdulillah semua berjalan dengan normal," tambah Dayat.

Direktur GNTU, Dewa Agung Rudy menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-sebesarnya kepada semua pihak, khususnya petugas pemadam kebakaran dan kepolisian setempat yang bergerak cepat untuk membantu memadamkan api, proses pendinginan serta mengamankan situasi di lokasi kebakaran.

“Kejadian kebakaran ini menjadi pelajaran penting bagi kami, dan dipastikan tidak mengganggu fungsi operasional dan pelayanan Gedung Graha CIMB Niaga,” ujar Dewa.

"Kedepannya GNTU akan Menyusun berbagai berbagai program dan innovasi untuk mencegah terulangnya kejadian serupa," tutup Dewa.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya