Alasan Staf Hasto PDIP Minta Ganti Penyidik KPK

Kusnadi Staf Sekjen PDIP Hasto Penuhi Panggilan KPK
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta – Staf Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto, Kusnadi meminta kepada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk mengganti penyidik usai peristiwa penyitaan ponsel genggam dan tas pribadi milik Hasto Kristiyanto.   

Hasto Bocorkan Usulan Calon PDIP di Pilkada Jakarta, Jatim, dan Jateng

Permintaan tersebut disampaikan langsung oleh Pengacara dari Kusnadi, Petrus Selestinus. Petrus meminta agar ada pergantian penyidik yang menangani perkara kliennya.

"Ada permintaan untuk mengganti penyidik. Karena peristiwa tanggal 10 Juni itu, yang menangani kasus ini adalah tim," ujar Petrus di Gedung Merah Putih KPK pada Rabu, 19 Juni 2024.

Pengamat Sebut Ada 2 Poros Bakal Bertarung Sengit di Pilgub Jateng

Kusnadi Staf Sekjen PDIP Hasto Penuhi Panggilan KPK

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Petrus menjelaskan permintaan pergantian penyidik akan disampaikan hari ini, sekaligus untuk menerangkan sebuah hal yang dinilai janggal. Dirinya menyebut ada kekeliruan dalam dokumen serah terima barang sitaan.

KPK Pastikan Usut Dugaan Keterlibatan Anggota BPK Haerul Saleh di Suap WTP Kementan

"Jadi itu tadi pergantian penyidik, juga minta klarifikasi terhadap beberapa hal yang menurut kami janggal. Terkait administrasi penyitaan, penggeledahan, dan penerimaan barang bukti, ada beberapa hal disitu yang menurut kami ada kekeliruan termasuk tanggal," kata dia.

Petrus juga menuturkan pihaknya telah melaporkan Penyidik KPK ke sejumlah lembaga penegak hukum seperti Bareskrim dan Komnas HAM, karena ingin mendapatkan perlindungan. 

"Kan dia ke Komnas HAM memang ada dugaan pelanggaran terjadi di sini. Kalau perampasan kemerdekaan selain pelanggaran HAM, dia masuk kualifikasi tindak pidana itu ke Mabes Polri," ungkapnya.

Sebelumnya Staf Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto, Kusnadi akhirnya memenuhi panggilan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada hari ini Rabu, 19 Juni 2024. Ia sebelumnya sempat tidak hadir, karena mengaku masih trauma usai diperiksa Penyidik KPK dalam kasus korupsi Harun Masiku.

Kusnadi hari ini menjadi salah satu saksi yang dipanggil KPK dalam kasus korupsi Harun Masiku.

"Jadi, saya memenuhi panggilan KPK," ujar Kusnadi di Gedung KPK pada Rabu, 19 Juni 2924.

Kusnadi belum berbicara banyak soal pemeriksaannya sebagai saksi hari ini. Terlebih, soal ponsel genggam dan tas pribadi milik Hasto Kristiyanto yang disita penyidik KPK melalui Kusnadi.

"Nanti saja," kata dia.

Kusnadi tiba di Gedung Merah Putih KPK sekira pukul 10.05 WIB. Ia tampak mengenakan kemeja batik warna merah. Kusnadi pun tiba di gedung lembaga antirasuah ditemani tim kuasa hukumnya yang berasal dari PDI Perjuangan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya