INH Salurkan Ratusan Hewan Kurban di 9 Negara pada Idul Adha 1445 H

INH Salurkan Ratusan Hewan Kurban di 9 Negara pada Idul Adha 1445 H
Sumber :
  • Istimewa

JAKARTA   – Untuk memperingati Hari Raya Idul Adha atau Hari Raya Kurban, lembaga kemanusiaan International Networking for Humanitarian (INH) melakukan pemotongan hewan kurban secara serentak di sembilan negara. Program ini merupakan bagian dari upaya memperkuat ibadah dan membantu sesama di berbagai penjuru dunia.

Ratusan Ribu Video Idul Adha Ramaikan Platform SnackVideo

Presiden INH, Luqmanul Hakim, menyampaikan bahwa pada tahun ini, INH berhasil melaksanakan pemotongan sebanyak 1000 hewan kurban di sembilan negara. 

INH Salurkan Ratusan Hewan Kurban di 9 Negara pada Idul Adha 1445 H

Photo :
  • Istimewa
Kejebak Macet Dua Hari di Sulawesi, Ratusan Ayam Diangkut Truk Mati Lalu Dibuang ke Jurang

"Alhamdululillah pada tahun ini INH, melakukan pemotongan hewan kurban secara serentak di 9 negara sebagai bentuk implementasi program kurban tahun ini yaitu tebar 1000 hewan kurban," kata Luqmanul Hakim pada Selasa, 18 Juni 2024.

Negara-negara yang menerima penyaluran hewan kurban tahun ini meliputi Indonesia, Palestina, Suriah, Yaman, Sudan, Yordania, Uganda, Kenya, dan Nigeria. Program tahunan ini menargetkan negara-negara yang masyarakatnya berada dalam kondisi sulit, termasuk minoritas, dhuafa, daerah terpencil, wilayah konflik, serta mereka yang membutuhkan bantuan.

Viral Aksi DJ Sunny Wijaya Makan Daging Kambing Mentah Berujung Kecaman Warganet

INH Salurkan Ratusan Hewan Kurban di 9 Negara pada Idul Adha 1445 H

Photo :
  • Istimewa

"Program tahunan ini menargetkan negara-negara yang masyarakatnya mencakup mulai dari minoritas, dhuafa, lokasi pedalaman, penjajahan, konflik internal, serta mereka yang membutuhkan," jelasnya.

Program ini juga memberikan kesempatan bagi warga Indonesia yang ingin membantu sesama saudara seiman di berbagai belahan dunia. Untuk Palestina, misalnya, terdapat 64 orang yang berpartisipasi dalam kurban sapi patungan, 5 sapi individu, 3 kambing, dan 62 domba.

Di Indonesia, sebanyak 11 sapi dan 25 kambing disalurkan ke berbagai wilayah pedalaman di beberapa provinsi seperti Sumatera Utara, Riau, Lampung, Kalimantan Barat, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, Nusa Tenggara Timur, Maluku Utara, dan wilayah lainnya. Di Kenya, terdaftar 32 kambing, 2 domba, 2 sapi, dan 14 orang yang berpartisipasi dalam dua sapi patungan. Sementara di Suriah, terdaftar 4 domba dan 1 kambing.

Yaman menerima 17 kambing, 19 domba, serta 21 orang yang berpartisipasi dalam tiga sapi patungan. Sudan Selatan mendapatkan 74 kambing, 15 domba, 2 sapi individu, dan 49 orang yang berpartisipasi dalam tujuh sapi patungan. Uganda menerima 6 kambing dan 7 orang yang berpartisipasi dalam satu sapi patungan, sedangkan Nigeria menerima 7 kambing.

Luqmanul Hakim menyatakan bahwa total kurban yang dikumpulkan tahun ini berjumlah 462 ekor dari sembilan negara. 

"Alhamdulillah pada momentum Idul Adha tahun ini total kurban yang kita kumpulkan berjumlah 462 ekor dari 9 negara, semoga pada tahun depan jumlah yang kami himpun bisa lebih banyak lagi, terimakasih kepada para donatur yang telah mempercayai lembaga kami untuk menyalurkan kurban," ujarnya.

Luqman menambahkan, kurban ini merupakan hal yang selalu dinanti-nanti warga dari negara penerima kurban yang setiap tahun sudah ada dalam cakupan ruang kerja INH.

"Kurban ini tentu saja sangat mereka nantikan, karena di zaman sudah maju seperti ini, masih banyak yang hidupnya di bawah kemiskinan dan membutuhkan bantuan kemanusiaan, tentu ini memberi rasa bahagia untuk mereka-mereka yang kesulitan memakan daging," imbuhnya.

Sementara itu, Manajer Program INH Ibnu Hafidz menyatakan apresiasinya kepada sohibul kurban yang telah menitipkan kurban tahun ini kepada INH. Ia menerangkan, INH selalu memberikan laporan bukti kepada para pemilik kurban akan hewan yang mereka sembelih di negara penerima kurban.

"Terima kasih semoga berkenan dengan pelayanan dari kami, dan kami mohon maaf jika ada kendala atau kekurangan selama berinteraksi untuk melaksanakan ibadah kurban," ujarnya seraya menambahkan, di sebagian negara penyembelihan kurban bisa dilakukan dalam beberapa hari berdasarkan dengan jumlah kurban yang tersedia.

Ibnu juga menambahkan beberpa NGO seperti Baznas, Cinta Quran Foundation dan Rumah Wakaf juga menitipkan sebagian kurban mereka melalui INH.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya