Sita Handphone Hasto PDIP, KPK: Strategi Penyidik Cari Harun Masiku

Juru bicara KPK Tessa Mahardhika Sugiarto
Sumber :
  • VIVA/Zendy Pradana

Jakarta – Juru bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Tessa Mahardhika mengatakan bahwa sampai saat ini Penyidik KPK memiliki strategi tersendiri untuk mencari keberadaan buronan kasus korupsi, Harun Masiku. Namun, ia menyebut belum bisa mengungkap strategi untuk menangkap Harun Masiku ke publik.

Sejak Dibuka, Sudah 42 Orang yang Daftar Calon Pimpinan dan Dewas KPK

"Ya terlepas dari pemberitaan yang sudah ada selama ini, sekali lagi penyidik tetap berupaya untuk mencari yang bersangkutan dengan strategi-strategi yang kembali lagi tidak bisa dirilis di publik," ujar Tessa kepada wartawan Selasa, 18 Juni 2024.

Harun Masiku

Photo :
  • Istimewa
Ketua Pemenangan Pemilu Dipecah, PDIP Bantah karena Evaluasi Pilpres

Tessa menuturkan penyidik sudah melakukan pemetaan kepada sejumlah negara usai mendapatkan informasi keberadaan Harun Masiku. Bahkan, penyidik sudah menyusuri negara tersebut.

Ia pun memastikan pencarian Harun Masiku yang kembali mencuat baru-baru ini pun tidak ada kaitannya dengan agenda politik apapun.

Puan Pertimbangkan Usung Kaesang di Pilkada Jateng, Hasto: Bu Mega yang Ambil Keputusan

"Tidak dalam rangka agenda politik apapun, pemberitaan maupun kegiatan yang dilakukan oleh penyidik. Sekali lagi, apabila itu terjadi secara bersamaan atau kebetulan, itu hanya kebetulan saja," kata dia.

Tessa menyebutkan Penyidik KPK masih berupaya secara maksimal mencari Harun Masiku. Sampai saat ini, kata dia, belum bisa menyampaikan ke publik hasil dari pemeriksaan handphone atau ponsel genggam milik Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto. Ponsel itu disita saat Hasto menjadi salah satu saksi dalam kasus Harun Masiku.

"Yang bisa saya sampaikan adalah penyidik tetap berupaya menganalisa informasi maupun alat bukti yang saat ini ada sama penyidik, jadi saya tidak bisa membuka realnya seperti apa," kata dia.

Tessa berharap dalam waktu cepat, Harun Masiku bisa tertangkap lembaga antirasuah. Tujuannya, agar tidak lagi membuat gaduh masyarakat Indonesia soal keberadaan Harun Masiku.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya