Penyidik KPK AKBP Rossa Purbo Bekti dapat Energi untuk Tangkap Harun Masiku

Baliho bertuliskan 'Wanted Tangkap segera Harun Masiku' Beredar di Jawa Barat
Sumber :
  • VIVA/Andrew Tito

Jakarta – Mantan Penyidik KPK, Yudi Purnomo meyakini bahwa Penyidik KPK, AKBP Rossa Purbo Bekti bisa memimpin penangkapan buronan kasus korupsi Harun Masiku. Hal itu didasari dari pengalaman AKBP Rossa dalam menangkap sejumlah tersangka kasus korupsi besar.

Pengamat Sebut Ada 2 Poros Bakal Bertarung Sengit di Pilgub Jateng

"Tim Penyidik tambahan di bawah Kepemimpinan Kasatgas Penyidikan AKBP Rossa Purbo Bekti bisa menangkap Harun Masiku. Hal ini didasari oleh Yudi bahwa selain sudah berpengalaman ikut menangkap DPO kasus korupsi seperti Samin Tan, Nurhadi, Rezky Herbiyono, dan Hiendra Soenjoto, Rossa juga pernah terlibat sebagai penyelidik dalam OTT suap komisioner yang melibatkan Harun Masiku," ujar Yudi Purnomo dalam keterangannya pada Selasa, 18 Juni 2024.

Harun Masiku

Photo :
  • Istimewa
KPK Pastikan Usut Dugaan Keterlibatan Anggota BPK Haerul Saleh di Suap WTP Kementan

Yudi menjelaskan AKBP Rossa pun tahu apa langkah selanjutnya usai berhasil melakukan penyitaan kepada ponsel genggam dan tas pribadi Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto

Yudi yakin bahwa Penyidik KPK telah melakukan analisis digital forensic terhadap ponsel genggam Hasto Kristiyanto tersebut. Meski belum diketahui kapan tentu rampungnya, karena membutuhkan waktu sesuai dengan isi dari ponsel tersebut.

SYL Ungkit Jasanya sebagai Mentan Tak Dipertimbangkan, KPK: Itu Tugasnya, Bukan Prestasi!

"Kemudian hasilnya jika ada terkait pelarian Harun Masiku atau perkara suap komisioner KPU, tentu akan ditanyakan kepada pemilik HP tersebut. Sehingga cepat atau lambat, tentu Hasto dan Kusnadi akan diperiksa kembali untuk ditanyakan terkait isi HP tersebut apakah tentang percakapan, gambar, video atau rekaman suara dan lainnya," kata Yudi.

Ia mengatakan bahwa jika tidak kedapatan hubungannya dengan kasus korupsi Harun Masiku, maka ponsel Hasto akan dikembalikan.

Namun, Yudi yakin dengan pengalamannya yang dimiliki Rossa dalam menangani berbagai kasus besar di KPK termasuk elektronik-KTP, dan Syahrul Yasin Limpo (SYL) sudah memperkecil area pencarian Harun Masiku. 

"Kita doakan saja Harun Masiku cepat tertangkap, karena kasus ini tidak akan tuntas selama Harun Masiku belum tertangkap," jelas dia.

Diketahui, ponsel genggam Hasto Kristiyanto disita saat menjalani pemeriksaan sebagai saksi kasus Harun Masiku. Ponsel Hasto disita lewat ajudan pribadinya yang turut mendampingi, yaitu Kusnadi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya