Berita Duka, Ketua MUI Banten KH Hamdi Ma'ani Rusydi Wafat di Jeddah

Ungkapan belasungkawa berpulangnya KH. Tb. Hamdi Ma'ani Rusydi
Sumber :
  • Instagram @mui_banten

VIVA Nasional“Innalillahi Wa innailihi raaji'unn...”, Berita duka datang dari Arab Saudi, telah berpulang ke Rahmatullah, ulama yang juga merupakan Ketua Umum MUI Provinsi Banten, KH. Tb. Hamdi Ma'ani Rusydi pada Jumat 7 Juni 2024 atau 29 Dzulqadah 1445 H di Rumah Sakit dr Efan dan Bagedo Jeddah, Arab Saudi.

Absen Rapat Pansus Alasan ke Makkah, Pegawai Kemenag Ternyata Ada di Kantornya

Kabar tersebut pun langsung menjadi pemberitaan dalam postingan akun resmi MUI Provinsi Banten. Yuk lanjut scroll artikel selengkapnya berikut ini.

Berdasarkan informasi yang terhimpun Tim Media Center Haji 2024, kronologi meninggalnya KH Hamdi Ma'ani terungkap tatkala almarhum sempat pingsan di hotel transit Al-Asheel, Jeddah di kamar nomor M04.

Wapres Ma’ruf Amin Hadiri Pengukuhan Kepengurusan Amphuri

Ketika itu, KH Hamdi Ma'ani berada di kamar bersama Gus Muchib Aman Aly dari Pasuruan dan seorang petugas haji, sedianya setelah istirahat sebentar rombongan Mustasyar Diiniy akan melanjutkan perjalanan ke Mekah untuk menunaikan umrah.

Setelah Haji, Geni Faruk Ungkap Thariq Halilintar Keliling 30 Negara di Usia 6 Bulan

Peristiwa itu pun terbilang begitu cepat. Ketiga orang tersebut pun sempat menunaikan shalat Maghrib-Isya, jamak ta'khir qashar berjemaah, Gus Muchib sebagai imamnya.

Saat itu KH Hamdi Ma'ani sudah memakai kain ihram bagian bawah. Seusai salat, KH Hamdi nengambil tas koper di luar kamar, lalu dibawa masuk ke kamar.

Beliau mengatakan ke saya mau mengambil sandal untuk dipakai umrah. Sementara beliau membuka koper, saya duduk-duduk di ruang luar, sekitar dua meteran dari KH Hamdi, sementara Gus Muchib sibuk memakai kain ihram di belakang beliau.

Tiba-tiba Gus Muchib berteriak memanggil petugas haji yang bersamanya tersebut.

“Pak, pak...!” ujar Gus Muchib.

Petugas haji itu pun berdiri dan melihat posisi KH Hamdi Ma'ani sudah menelungkup, dua tangan beliau di atas koper, dan tidak sadarkan diri.

Teman-teman petugas haji yang lain pun segera berkumpul dan melakukan koordinasi. Staf hotel saya lihat menekan dada KH Hamdi Ma'ani beberapa kali untuk mengaktifkan jantung.

Akhirnya petugas medis datang. KH Hamdi Ma'ani dibawa ke rumah sakit.

Sekitar pukul 23.40 Waktu Arab Saudi atau Jumat 7 Juni 2024 pukul 04.40 WIB, diperoleh kabar dari Mas Syaiful, petugas haji yang bertanggung jawab di hotel Asheel, bahwa KH Hamdi Ma'ani sudah dinyatakan wafat.

Ungkapan duka cita pun datang dari Kepala Daerah Kerja Bandara PPIH Arab Saudi, Abdillah yang menyampaikan ucapan belasungkawa atas berpulangnya KH Hamdi Ma'ani.

“Innaalillaahi wainnaailaihi raaji'uun.. Semoga almarhum husnul khatimah, segala dosanya diampuni Allah SWT, keluarga yg ditinggalkan diberikan kesabaran dan mendapat pahala dr musibah ini.. Aamiin yaa Rabb... Al-Faatihah...,” ungkapnya.

Laporan Tim Media Center Haji 2024

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya