Edy, Ijeck dan Bobby Nasution Berebut Tiket Diusung Demokrat di Pilgub Sumatera Utara

Tim Pemenangan Bobby Nasution saat mengambil formulir pendaftaran Bacalon Gubernur 2024 ke DPD Demokrat Sumut.(B.S.Putra/VIVA)
Sumber :
  • VIVA.co.id/B.S. Putra (Medan)

Medan  – DPD Demokrat Sumatera Utara mencatat, ada 15 orang mengambil formulir pendaftaran Bacalon Gubernur dan Wakil untuk Pilgub 2024. Namun, baru 6 orang mengembalikan formulir dan dilengkapi berkas persyaratan.

Peluang Maju Pilgub Jakarta, Sandiaga Masih Tunggu Surat Tugas

Keenam orang itu, yakni Edy Rahmayadi, Musa Rajekshah alias Ijeck, Barry Simorangkir dan Abdul Aziz. Mereka mengembalikan formulir dan pendaftaran sebagai bacalon Gubernur Sumut.

Sementara bacalon wakil gubernur yang sudah mengembalikan formulir ke DPD Demokrat adalah Adi Saputra dan artis ternama, Charles Bonar Sirait.

Alasan Partai Demokrat Jakarta Usulkan Heru Budi di Pilkada DKI

"Menang dari 14 calon kepala daerah Gubernur Sumut, baru enam orang yang mengembalikan," ucap Direktur Eksekutif DPD Demokrat Sumut, Pangeran kepada wartawan, di Kantor DPD Demokrat Sumut, Selasa 21 Mei 2024.

Didampingi Ketua Bakomstra DPD Sumut, Khairil Huda, Pangeran mengungkapkan terakhir ini mengambil formulir pendaftaran adalah Bobby Nasution yang diwakili oleh tim pemenanganya. 

Belum Dapat Tugas dari PPP untuk Pilkada, Sandiaga Masih Fokus Jadi Menteri

Pangeran menjelaskan setelah dilakukan penjaringan dan administrasi, kemudian akan disampaikan ke DPP Demokrat dan juga akan diputuskan siapa sosok akan diusung dan didukung di Pilkada 2024.

"Kita DPD Partai Demokrat membuka peluang seluas-luasanya pada putra-putri terbaik Sumut, untuk mendaftar. siapa aja, kami akan menerimanya, kami sudah tetapkan mekanisme internal dari Partai Demokrat, dan semua yang telah kami jaring akan dibawa ke DPP Partai Demokrat," jelas Pangeran.

Pangeran mengungkapkan, pihaknya melakukan perpanjangan masa penjaringan bacalon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumut 2024. Dari sebelumnya, berakhir 18 Mei 2024 dan diperpanjang dengan waktu belum ditentukan.

"Karena memang animo terhadap pilkada ini tinggi, termasuk di kabupaten/ kota. Jadi, kalau satu diperpanjang, semua diperpanjang, kita buka lah peluang lagi, masih bisa mendaftar," kata Pangeran.

Terkait dengan peluang, Edy Rahmayadi, Ijeck dan Bobby Nasution, Pangeran mengungkapkan keputusan siapa yang akan diusung dan didukung di Pilkada Sumut 2024, semua ada di DPP Demokrat.

"Kita memang mekanismenya, memang semua DPP yang memberi keputusan. DPD akan memberikan pertimbangan terhadap calon calon yang masuk," tutur Pangeran.

Untuk diketahui, Demokrat sendiri memiliki 5 kursi di DPRD Sumut periode 2024-2029, hasil Pemilu 2024, lalu. Pastinya, partai pimpinan Agus Harimurti Yudhoyono itu, akan berkoalisi dengan partai politik di Pilgub Sumut ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya