MKD Pastikan Pelat DPR di Mobil Alphard Tempat Brigadir RAT Bunuh Diri Palsu

Kasat Reskrim Polres Jakarta Selatan, AKBP Bintoro di TKP Polisi Bunuh Diri
Sumber :
  • Istimewa

Jakarta - Anggota Satlantas Polresta Manado, Brigadir Ridhal Ali Tomi (RAT) tewas diduga bunuh diri dalam sebuah mobil merk Toyota Alphard di Kawasan Mampang, Jakarta Selatan, dengan pelat nomor kepemilikan anggota DPR. Namun, Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) DPR RI mengatakan pelat nomor tersebut palsu.

Berdampak ke Industri, DPR Sebut Aturan Kemasan Rokok Polos Rugikan Sektor Tembakau

"Itu bukan mobil DPR, itu mereka menggunakan plat palsu. Di DPR tidak ada nomor seperti itu," kata Pimpinan MKD, Nazarudin Dek Gan kepada wartawan, Minggu, 28 April 2024.

Nazarudin menegaskan bahwa pelat nomor khusus hanya diperuntukkan kepada anggota dewan dan pimpinan. Maka itu, ia kembali menegaskan pelat yang tertempel di mobil tersebut palsu. Nazarudin juga akan melaporkan ke polisi atas pemalsuan pelat nomor tersebut.

Petinggi Gerindra Diisukan Gantikan Retno Marsudi Jadi Menlu, Begini Respons DPR

Brigadir Ridhal Ali semasa bertugas di Satlantas Polresta Manado. (Foto: ISTIMEWA).

Photo :
  • VIVA.co.id/Supriadi Maud (Sulawesi Selatan)

"Di DPR adanya nomor anggota dan pimpinan. Nah nomor 25 itu tidak ada pimpinan sampai 25 orang. Jadi jelas itu palsu, dan kami akan segera melaporkan ke kepolisian terhadap pemalsuan tersebut," tuturnya.

PKB Dukung Penambahan Kementerian untuk Pemerintahan Prabowo demi Percepatan Pembangunan

Diketahui, seorang anggota Satuan Lalu Lintas Polres Kota Manado, Sulawesi Utara ditemukan tewas dengan luka tembak di bagian kepala, kemarin.

Kejadiannya di Jalan Mampang Prapatan IV/ RT. 010/02 Kelurahan Tegal Parang, Mampang, Jakarta Selatan. Terkait hal ini, Polsek Mampang Prapatan disebut masih melakukan penyelidikan terkait kasus tersebut.

"Polsek Mampang Polrestro Jaksel, Polda Metro Jaya telah menangani sejak awal  proses penyelidikan ini," ujar Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri, Brigadir Jenderal Polisi Trunoyudo Wisnu Andiko pada Jumat, 26 April 2024.

Adapun berdasar data yang dihimpun, korban diketahui bernama Brigadir Ridhal Ali Tomi. Dia ditemukan tak bernyawa dalam sebuah mobil di kawasan Mampang.

Saat ditemukan, dia berada di kursi supir sebelah kanan mobil Toyota Alphard dengan nomor polisi B 1544 QH. "Perkembangan akan disampaikan oleh Kapolsek," kata dia lagi.

Sementara itu, Humas Polresta Manado, Ipda Agus Haryono menyebut Polresta Manado Sulawesi Utara mengutus jajarannya untuk turut tangan mendalami kematian Brigadir Ridhal Ali. Kematian Brigadir Ridhal Ali yang diduga bunuh diri jadi sorotan karena kabar adanya kejanggalan yang tak wajar.

Agus menjelaskan, pihaknya sudah mengirim tim khusus untuk berkoordinasi dengan kepolisian tempat kejadian perkara. Tim tersebut diterbangkan dengan tujuan untuk mendalami penyebab kematian jajarannya.

"Sudah ada tim yang diberangkatkan untuk kemudian berkoordinasi dengan Polres Metro Jakarta Selatan. Tujuannya untuk membantu memperdalam penyebab kejadian terhadap anggota kami," kata dia.

Penampakan luar rumah Brigadir RAT tewas di Mampang Prapatan, Jakarta Selatan

Photo :
  • VIVA.co.id/Zendy Pradana

Ipda Agus menuturkan, penyelidikan kematian Brigadir Ridhal Ali akan dikawal langsung Kapolresta Manado Kombes Julianto Sirait. Selain itu, Pengamanan Lingkungan Internal (Paminal) Polda Sulut.

Dia mengatakan, penyelidikan akan dilakukan dengan memeriksa terlebih dulu jejak digital korban, CCTV lokasi kejadian hingga melakukan autopsi.

Agus menuturkan kasus kematian Brigadir Ridhal jadi perhatian Kapolda Sulut Irjen Pol Yudhiawan.

"Pak Kapolda sudah memerintahkan Kapolresta Manado ke Jakarta mendalami kasus tersebut didampingi Paminal Polda. Karena saat ini masih didalami terkait CCTV dan jejak digital dari handphone," katanya.

"Adapun untuk penanganan jenazah, Polresta Manado akan bantu untuk autopsi yang dilaksanakan oleh pihak Polres Metro Jakarta Selatan," jelas Agus.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya