Siap-siap! 520 Ribu Kendaraan Bakal Lewat Tol Cipularang dan Padaleunyi saat Balik Mudik

[dok. Jasamarga Metropolitan Tollroad Regional Division (JMT)]
Sumber :
  • VIVA.co.id/Mohammad Yudha Prasetya

Jakarta – Jasamarga Metropolitan Tollroad Regional Division (JMT) selaku pengelola Ruas Tol Cipularang dan Ruas Tol Padaleunyi memprediksi, jumlah kendaraan yang akan kembali ke Jabotabek pada H+1 sampai H+4 atau pada tanggal 12-15 April 2024, akan mencapai 520 ribu kendaraan.

Menko Polhukam: Angkatan Siber Perlu Dibentuk karena Perang Sudah Masuk ke Ranah Siber

Senior General Manager JMT Regional Division, Widiyatmiko Nursejati mengatakan, jumlah itu naik 42,82 persen dibandingkan lalu lintas normal, yang biasanya mencapai sebanyak 364 ribu kendaraan.

"Dan naik 2,99 persen dibandingkan lalu lintas Lebaran tahun 2023, yang sebanyak 505 ribu kendaraan," kata Widiyatmiko dalam keterangannya, Jumat, 12 April 2024.

Polri Minta Maaf atas Rekayasa Lalu Lintas Selama Kunjungan Paus Fransiskus

Kondisi arus balik mudik di Jalur Gentong Tasikmalaya, Jabar.

Photo :
  • tvOne-Denden Ahdani

Dia menjelaskan, peningkatan lalu lintas kendaraan arus balik ini merupakan kumulatif arus lalu lintas dari tiga gerbang tol (GT), yakni GT Cileunyi (arah Jabotabek), GT Pasteur (arah Jabotabek), dan GT Kalitama (arah Jabotabek).

Begini Rekayasa Lalu Lintas Selama Kunjungan Paus Fransiscus di Jakarta

Dalam periode arus balik Idul Fitri 1445 H, diprediksi terjadi puncak peningkatan lalu lintas kendaraan pada H+4 atau 15 April 2024.

"Karenanya, diimbau kepada pemudik untuk menghindari balik pada tanggal tersebut, dan menghindari waktu favorit yaitu melakukan perjalanan di pagi atau malam hari," ujar Widiyatmiko.

Jasa Marga juga mengimbau para pengguna jalan untuk memastikan kesiapan sebelum melakukan perjalanan, dengan memeriksa kecukupan BBM dan saldo uang elektronik.

"Serta pastikan diri dan kendaraan dalam kondisi prima sebelum memulai perjalanan," ujarnya.

Jalan tol Solo-Jogja dibuka fungsional saat arus mudik dan balik Lebaran 2024

Photo :
  • tvOne/Teguh Joko Sutrisno

Update informasi lalu lintas melalui kanal informasi resmi Jasa Marga seperti media sosial instagram @jasamargametropolitan, twitter @ptjasamarga, dan One Call Center 14080. Unduh juga aplikasi Travoy sebagai pendamping perjalanan selama mudik melintasi Ruas Tol Jasa Marga Group.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya