Dilumpuhkan, Ini Deretan 'Dosa' Otniel Giban Anggota KKB Penembak Pesawat di Yahukimo

Aparat gabungan evakuasi jasad diduga KKB di Yahukimo, Papua Pegunungan.
Sumber :
  • Humas Polda Papua

Jayapura - Aparat Gabungan TNI-Polri Satgas Damai Cartenz 2024 dan Satgas Yonif 7 Marinir Yahukimo melakukan penindakan di area Kali Brasa, Distrik Dekai, Kabupaten Yahukimo, dan berhasil melumpuhkan seorang yang diduga merupakan anggota KKB serta mengamankan dua orang saksi.

Tinggalkan Indonesia, Paus Fransiskus Tiba di Papua Nugini

Hal ini merupakan tindak lanjut dan respons aparat akibat dari adanya gangguan penembakan pesawat Wings Air IW 1646 ATR 700 PK WGT pada hari sabtu 17 februari 2024 lalu.

“Dua orang saksi yang diamankan yakni, M.H (15), dan B.G.E (15)," kata Kepala Operasi Damai Cartenz2024, Komisaris Besar Polisi Faizal Ramadhani, Sabtu 24 Februari 2024.

3 Pencopet Ditangkap di GBK Usai Beraksi dalam Kerumunan Jemaat Misa Akbar

Kepala Operasi Damai Cartenz-2023, Kombespol. Dr. Faizal Ramadhani

Photo :
  • Aman Hasibuan (Papua)

Aparat gabungan juga menyita barang bukti dari tangan kedua saksi berupa, 74 butir amunisi Cal.5.56 dan 2 buah magasen SS1, uang tunai berjumlah Rp3 juta 50 ribu, 1 solar cell, noken bintang kejora, 3 HP, 1 kunci inggris, 2 kepala cas dan 1 kabel tipe c.

Pemuda Asal Papua Ingin Jadi Guru Demi Selamatkan Kampungnya yang Sudah Tidak Ada Guru

Faizal menambahkan, satu anggota KKB yang dilumpuhkan aparat gabungan mirip dengan terduga KKB Otniel Giban alias Bolong Giban. Yang bersangkutan merupakan anggota KKB Ndugama yang aktif di Batalyon Wosak, pimpinan Yotam Bugiangge. Hal ini dipastikan lewat indentifikasi dari foto-foto lama yang ada di media sosial dan dokumen video kejadian di masa lalu.

Adapun terdapat barang bukti yang melekat pada dirinya yaitu, 1 lembar baju warna loreng, 1 buah gelang berwarna hitam, biru dan merah, 1 buah gelang, 4 buah gelang bermotif bintang kejora, 1 buah kalung yang terbuat dari tali berwarna hitam, 2 buah kalung bermotif bintang kejora, 1 buah cincin berwarna silver, dan 1 buat tali berwarna hitam.

“Yang bersangkutan berjenis kelamin laki-laki dan beralamat di Kabupaten Nduga. OTNIEL GIBAN alias BOLONG GIBAN termasuk dalam Daftar Pencarian Orang (DPO) Polres Yahukimo (DPO/08/VIII/2022/Reskrim, pada bulan agustus 2022 lalu dan tergabung dalam kelompok KKB Ndugama serta aktif di Batalyon Wosak, pimpinan Yotam Bugiangge," katanya.

Adapaun aksi kriminal yang pernah dilakukan oleh yang bersangkutan antara lain:

Ilustrasi bangunan dibakar oleh KKB

Photo :
  • ANTARA

1. Penembakan terhadap Evendi Tiakoli pada hari Sabtu 5 Maret 2022 di Kali Ei Distrik Seradala Kabupaten Yahukimo, mengakibatkan korban meninggal dunia;

2. Penyerangan terhadap masyarakat sipil di Kampung Nogolait Distrik Kenyam Kabupaten Nduga pada tanggal 16 Juli 2022 yang mengakibatkan, 11 orang meninggal dunia dan 2 orang luka-luka;

3. Kontak tembak dengan aparat di Kampung Nogolait Distrik Kenyam pada tanggal 19 Juli 2022. Dalam peristiwa tersebut tidak ada korban;

4. Penghadangan masyarakat sipil dan perampasan HP di Jalan Poros Kenyam batas Batu Distrik Krepkuri, Kabupaten Nduga pada tanggal 25 Juli 2022 dalam peristiwa tersebut, tidak ada korban;

5. Pembakaran alat berat milik PT. Tunas Jaya Irian pada tanggal 4 Agustus 2022 yang mengakibatkan 4 alat berat rusak;

6. Penyerangan anggota Kodim 1715 Yahukimo yang mengakibatkan meninggalnya PRATU LUKAS WOREMBAI yang terjadi pada hari Rabu tanggal 1 Maret 2023 lalu, di Jalan Yahuli, Kompleks Woi, Distrik Dekai Kabupaten Yahukimo;

7. Penembakan terhadap PRATU AGUNG PAMUJI LAKOSONO pada tanggal 21 agustus 2023 lalu di Jalan Yahuli Distrik Sekai, Kabupaten Yahukimo yang mengakibatkan korban meninggal dunia;

8. Pembunuhan terhadap masyarakat pendulang emas di Kali Ei Distrik Seradala, Kabupaten Yahukimo tanggal 16 Oktober 2023 lalu yang mengakibatkan 13 orang meninggal dunia dan orang mengalami luka-luka.

9. Penembakan terhadap anggota TNI  PRAKA SEPTIANO ARYA LAWE, SERTU RONALDO SERILUS ABI, SERTU SUPRIANTO dan Masyarakat Sipil DOMINIUS NANA, pada tanggal 5 Februari 2024, di Jalan Siep Asso, Distrik Dekai, Kabupaten Yahukimo, yang mengakibatkan korban luka-luka.

10. Penembakan terhadap Pesawat Wings Air yang terjadi di Area Bandara Nop Goliat Dekai, Kabupaten yahukimo, pada tanggal 17 Februari 2024 yang mengakibatkan, Pratu Ongen R. Dori, anggota Kodim 1715 Yahukimo, mengalami luka lecet pada leher sebelah kiri akibat serpihan kaca yang terkena peluru.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya