Menko Polhukam Tak Bahas Pertemuan Jokowi dan Megawati saat Bertemu Sri Sultan HB X

Menkopolhukam Hadi Tjahjanto di Keraton Kilen
Sumber :
  • VIVA.co.id/Cahyo Edi (Yogyakarta)

Yogyakarta – Menko Polhukam Hadi Tjahjanto bertemu dengan Gubernur DIY Sri Sultan HB X di Keraton Kilen, Kompleks Keraton Yogyakarta, Jumat 23 Februari 2024 malam. Pertemuan Sultan dan Hadi ini digelar tertutup dari media.

Rocky Gerung Dilaporkan ke Polda Metro usai Sebut Gibran Kerap Terima Setoran

Hadi datang ke Keraton Kilen sekitar pukul 18.40 WIB. Selama lebih kurang dua jam, Hadi dan Sultan HB X berbincang di Keraton Kilen.

Minister Hadi Tjahjanto (Setkab.go.id)

Photo :
  • VIVA.co.id/Arianti Widya
Paus Fransiskus Terharu Ada Momen Ini Sebelum Pimpin Misa Akbar di GBK

Usai bertemu Sultan HB X, mantan Panglima TNI ini menyebut jika tujuan kedatangannya ke Keraton Kilen untuk bersilaturahmi dengan Raja Keraton Yogyakarta. 

Hadi membeberkan dalam pertemuan itu dirinya meminta masukan kepada Sultan HB X karena dirinya baru saja dilantik menjadi Menkopolhukam oleh Presiden Jokowi.

RK di Depan Warga Betawi: Saya dan Pak Prabowo Bestie, Gampang Kalau Ada Apa-apa

Hadi membantah jika pertemuannya dengan Sultan HB X ini tak menyinggung tentang rencana mediasi antara Presiden Jokowi dengan Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri.

"Gak dibahas (pertemuan antara Jokowi dengan Megawati). Saya ngomong biasa saja. Sesuai tugas saya yaitu menjaga stabilitas keamanan dan kondisi seperti inilah yang harus dipertahankan," kata Hadi.

"Kami hanya datang untuk silaturahmi saja. Itu seperti biasa saya lakukan saya selalu sowan pada Ngarsa Dalem (Sultan HB X)," imbuh mantan Menteri ATR/BPN ini.

Sebagaimana diketahui beberapa waktu lalu, Presiden Jokowi sempat menemui Sultan HB X di Keraton Kilen. Salah satu isi pertemuan ini adalah permintaan Jokowi kepada Sultan HB X untuk menjadi perantara pertemuannya dengan Megawati.

Presiden Jokowi berikan keterangan pers.

Photo :
  • Dok. Biro Pers Sekretariat Presiden

Permintaan Jokowi menjadi mediator inipun dibenarkan oleh Sultan HB X. Sultan mengakui jika dirinya memang diminta untuk menjadi jembatan pertemuan dua tokoh itu.

"Betul. Tetapi sayakan tunggu Presiden, kan saya akan menjembatani. Ya terserah Presiden, itu saja. Ya tunggu, kalau emang Presiden memerlukan, saya bersedia," terang Sultan HB X di Kantor Gubernur DIY, Senin 12 Februari 2024 lalu.

"Kan bukan saya yang mengambil inisiatif. Yang ambil inisiatif kan Bapak Presiden sendiri. Terserah Bapak Presiden mau perlu ketemu Mbak Mega yang mau saya fasilitasi ndak. Kan gitu," lanjut Sultan HB X.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya