Sebelumnya Ditilap Bendahara PPS, KPU Balangan Akhirnya Bayar Honor Anggota KPPS Batu Piring

Sebelumnya Ditilap Bendahara PPS, KPU Balangan Akhirnya Bayar Honor Anggota KPPS
Sumber :
  • Banjarmasin post

VIVA –  Ada banyak hal yang terkait dengan KPPS. Saat pemilihan serentak 14 Februari 2024 lalu, video atau konten yang menunjukkan betapa menariknya menjadi anggota KPPS tersebar luas. Tak terkecuali dari orang-orang yang sudah menerima hasil dari kerja kerasnya menjadi anggota KPPS.

KPU DKI Jakarta Siapkan 31 TPS Khusus di Lapas hingga Rumah Sakit

Di sisi lain, 126 anggota KPPS di Kelurahan Batu Piring, Kecamatan Paringin Selatan, Kabupaten Balangan, Provinsi Kalimantan Selatan harus bersabar karena gaji mereka diambil oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Sebelumnya Ditilap Bendahara PPS, KPU Balangan Akhirnya Bayar Honor Anggota KPPS

Photo :
  • Banjarmasin post
Jengkel Warga Tumpahkan 4 Truk Sampah ke Kantor Bupati dan DPRD Sintang Karena Tidak Diurus

Menurut laporan polisi yang diterima pada hari Jumat tanggal 16 Februari 2024 sekitar pukul 6.00 Wita, Kapolres Balangan, AKBP Riza Muttaqin, membenarkan kejadian tersebut.

“Diketahui pada tanggal 15 Februari 2024 sekitar pukul 02.00 Wita, korban KR mewakili 126 anggota KPPS Kelurahan Batu Piring melaporkan MH selaku bendahara Panitia Pemungutan Suara (PPS),” terang Kapolres Balangan, Jumat (16/02/2024).

Dana Pemungutan Suara Ulang di Sumbar Capai Rp 350 M, KPU Ungkap Penyebabnya

Menurut AKBP Riza Muttaqin, pada hari Senin tanggal 12 Februari 2024, KPU Balangan memberikan honor KPPS sebesar Rp.165.154.500 ke rekening PPS Kelurahan Batu Piring Kecamatan Paringin Selatan.

Untuk pembayaran honor KPPS pada tanggal 15 Februari 2024, MH mengambil uang sebesar Rp.115.154.500. Namun, pelaku menolak untuk menyerahkannya kepada petugas KPPS di 18 TPS di Kelurahan Batu Piring itu.

Petugas KPPS menanyakan masalah tersebut ke PPS Kecamatan Batu Piring. Namun, sang terlapor tidak dapat dihubungi atau melarikan diri pada tanggal 15 Februari 2024 pukul 02.00

Polres Balangan mengumpulkan barang bukti seperti surat berharga dan dua dokumen bukti setoran dari bank BRI. Unit Resmob Sat Reskrim dan Unit Kamneg Intelkam Polres Balangan, dipimpin oleh IPTU Galuh Rizka Pangestu, menemukan pelaku di daerah tetangga, Tabalong.

Namun pada akhirnya, pada  Sabtu 17 Februari 2024 126 anggota staf KPPS di Kelurahan Batu Piring, Kecamatan Paringin Selatan, Kabupaten Balangan, dapat beristirahat dengan tenang. Mereka telah menerima hasil sebagai petugas KPPS di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Balangan.

Ahmad Sibawaihi, salah satu anggota KPPS 17 Batu Piring, mengucapkan terima kasih kepada KPU Balangan atas upaya mereka. Ia juga berharap ada kesepakatan antara KPU dan keluarga pelaku penilap duit honor KPPS tersebut.

“Mudah-mudahan ada solusi. Untuk KPU, terima kasih banyak sudah sangat sigap dan memenuhi hak atas keringat kami," ucapnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya