TPS Dipindahkan, Massa Bakar Kantor Distrik Bayabiru Paniai Papua Tengah

Kantor distrik Bayabiru yang dibakar massa
Sumber :
  • VIVA.co.id/Aman Hasibuan (Papua)

Papua Tengah – Sekelompok orang membakar Kantor Distrik Bayabiru, Kabupaten Paniai, Papua Tengah, pada Minggu 11 Pebruari 2024. Amukan tersebut terjadi lantaran ketidakpuasan sebagian masyarakat terhadap lokasi tempat pemungutan suara atau TPS untuk Pemilu 2024, yang tidak ditempatkan di Distrik Bayabiru.

Protes soal Kesejahteraan, Ternyata Segini Gaji-Tunjangan Hakim di Indonesia

Kapolres Paniai, AKBP Abdus Syukur Felani, mengonfirmasi kejadian ini sebagai respons atas ketidakpuasan sebagian masyarakat terhadap pemilu yang tidak dilakukan didistrik tersebut.

"Protes ini dipicu oleh penempatan pemungutan suara pileg dan pilpres di Distrik Aradide, bukan di Distrik Bayabiru. Selain itu, keluhan terhadap Kepala Distrik yang absen serta masalah pembayaran bahan kayu untuk pembangunan kantor distrik juga menjadi pemicu utama," jelas AKBP Abdus Syukur.

KPU Tetapkan 8,2 Juta Orang Masuk DPT dan 14.835 TPS di Pilkada Jakarta

Meski telah memberikan himbauan kepada warga untuk tidak terprovokasi, namun seruan tersebut tidak diindahkan. Hingga kemudian memicu aksi pembakaran terhadap kantor distrik.

"Kami akan mengusut tuntas kasus ini dan mengidentifikasi pelaku serta pihak yang berpotensi memprovokasi kerusuhan tersebut," tegasnya.

Pilkada Serentak 2024, Bawaslu Buka Rekrutmen 25.233 Pengawas TPS di Sumut

Pihak kepolisian akan melakukan olah tempat kejadian perkara atau TKP, guna mengungkap pelaku serta mengambil tindakan hukum yang sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Calon gubernur Papua Tengah Meki Fritz Nawipa

Janji Meki Fritz Nawipa Jika Pimpin Papua Tengah, Percepat Pembangunan dan Pertumbuhan Ekonomi

Meki Fritz Nawipa membawa visi besar untuk membangun Papua Tengah, terutama dalam meningkatkan konektivitas antarwilayah dan kesejahteraan masyarakat adat.

img_title
VIVA.co.id
30 September 2024