Debat Cawapres 2024

Cek Fakta: Gibran Sebut Food Estate di Gunung Mas Kalteng Berhasil

Gibran Rakabuming Raka Debat Keempat Calon Wakil Presiden Pemilu 2024
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta – Debat cawapres Pilpres 2024 telah digelar hari ini, Minggu, 21 Januari 2024, di Jakarta Convention Centre (JCC), Senayan, Jakarta. Debat kali ini mempertemukan para calon wakil presiden (cawapres), yaitu Cawapres 01 Muhaimin Iskandar (Cak Imin), Cawapres 02 Gibran Rakabuming Raka, dan Cawapres 03 Mahfud MD.

Tok! DPR Setujui APBN Tahun Pertama Prabowo-Gibran Jadi Undang-undang

Tema yang dibahas pada debat cawapres hari ini yaitu Pembangunan Berkelanjutan, Sumber Daya Alam, Lingkungan Hidup, Energi, Pangan, Agraria, Masyarakat Adat dan Desa.

Gibran Rakabuming Raka Debat Keempat Calon Wakil Presiden Pemilu 2024

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa
Riezky Aprilia Mau Berdayakan Perempuan Sumsel Lewat Pertanian, Begini Caranya

Dalam debat kedua Cawapres ini, Cawapres nomor urut 02, Gibran menyebut bahwa program Food Estate ada yang berhasil, tepatnya di Gunung Mas, Kalimantan Tengah.

Cek Fakta

Isu Timnas Indonesia Lolos Kualifikasi Piala Dunia karena Arab Saudi Kena Sanksi FIFA, Benarkah?

Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman melakukan blusukan ke pertanaman jagung di Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah pada bulan Desember 2023 lalu. Dalam kunjungan itu, Mentan memastikan kondisi jagung tumbuh dengan baik pada kurun waktu 2 bulan.

Menurut Mentan Amran, saat ini kondisi pertanaman jagung di lahan seluas 600 hektare itu sudah on progres terutama melalui kolaborasi yang kuat antara Kementerian Pertanian dan Kementerian Pertahanan.

"Food estate ini untuk masa depan anak cucu kita, untuk generasi kita ke depan, juga untuk memberi pangan masyarakat dunia. Semua on progres dan saya optimis segera bisa ditangani," kata Mentan Amran.

Tanaman Jagung

Photo :

Dikatakan Mentan Amran, pembangunan food estate khusus jagung ini nantinya akan dijadikan sebagai sentra dan kekuatan besar bagi cadangan pangan Indonesia ke depan, terutama dalam mengantisipasi kepadatan jumlah penduduk yang terus meningkat.

"Tiap tahun penduduk kita bertambah kurang lebih 3,5 juta. Jadi ini harus disiapkan makanannya, harus disiapkan pangannya. Kalau tidak dari sekarang bisa bermasalah bangsa ini," katanya.

Di lokasi, Mentan Amran memastikan food estate yang dikerjakan Kemenhan ini sudah sangat bagus karena jagung yang ditanam memiliki kualitas panen yang sangat besar. Hal ini terlihat dari daun dan batang yang tumbuh sesuai dengan kondisi pertanaman di Kalimantan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya