Yudi Purnomo: Firli Bahruri Harusnya Intropeksi Diri dan Mundur dari KPK

Mantan Penyidik KPK, Yudi Purnomo Harahap.
Sumber :
  • VIVAnews/ Edwin Firdaus.

Jakarta – Mantan Ketua Wadah Pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Yudi Purnomo menyebut Ketua KPK Firli Bahuri memakai lembaga antirasuah untuk kepentingan pribadi. Hal itu Yudi sampaikan menyoroti konferensi pers Filri Bahrui pada pagi tadi mengenai hasil pemeriksaan penyidik Polda Metro Jaya atas kasus dugaan pemeraasan mantan Mentan Syahrul Yasin Limpo (SYL). 

KPK Sebut 92,98 Persen Calon Anggota Legislatif Terpilih Sudah Isi LHKPN

“Tidak ada yang baru dari apa yang disampaikan oleh Firli Bahuri. Isinya hanya pembelaan saja versi dirinya. Apalagi juga tidak ada bukti kongkrit disampaikan firli ke masyarakat bahwa dia tidak bersalah,” kata Yudi kepada awak media dalam keterangan tertulisnya, Senin, 20 November 2023.

Firli Bahuri Penuhi Panggilan Dewas KPK

Photo :
  • VIVA/Zendy
Dewas Tak Berikan Hasil Sidang Etik Nurul Ghufron ke Tim Pansel Capim KPK

Yudi lebih jauh menyayangkan Firli menggunakan sarana konferensi pers KPK untuk kepentingan pembelaan pribadi. Padahal, tegas Yudi, penyidikan kasus tindak pidana korupsi dugaan pemerasan oleh pimpinan KPK merupakan tanggung jawab pribadi, sehingga tak seharusnya KPK maupun pegawai KPK dibawa-bawa.

Mantan Penyidik KPK ini menduga konferensi pers yang dilakukan Firli Bahuri merupakan kepanikan karena proses penyidik Polda Metro Jaya yang semakin menemukan hal baru dalam penyidikan. Misalnya, mengenai penggeledehan dan penyitaan dari Rumah yang disewa Firli di daerah Kertanegara, Jakarta Selatan. 

Dewas Minta Pansel KPK Tidak Loloskan Capim yang Langgar Etik, Termasuk Nurul Ghufron?

Yudi menegaskan, konferensi pers bukanlah pembelaan di depan hukum, sehingga tidak ada artinya bagi proses hukum. Yudi juga menyanggah pernyataan Firli bahwa ada koruptor yang menyerang balik. Dia menyebut omongan Firli tanpa dasar dan mengada-ngada. 

“Justru harusnya Firli intropeksi diri dan mundur saja dari jabatannya, biarkan orang lain yang meneruskan upaya pemberantasan korupsi,” kata Yudi. 

Yudi yang kini menjabat Satgas Pencegahan Korupsi Mabes Polri juga menyampaikan bahwa berdasarkan pengalamannya sebagai penyidik, penyidik Polda Metro Jaya telah bekerja secara profesional, mulai dari proses penyelidikan hingga penyidikan. 

“Seharusnya Firli Bahuri lebih bersabar, Sehingga kita tunggu saja penetapan tersangka dari kasus ini,” imbuhnya. 

Pagi tadi, Firli dalam konferensi pers menyoroti dinamika pemberitaan setelah pemeriksaannya sebagai saksi di Bareskrim Polri pada Kamis, 16 November 2023. 

Ketua KPK Firli Bahuri menggelar konferensi pers

Photo :
  • Tangkapan layar Youtube KPK

Salah satu poin yang disampaikan, kendati diduga terlibat dalam kasus dugaan pemerasan terhadap SYL, Firli menyatakan tidak akan mundur menghadapi situasi yang dianggapnya sebagai serangan balik koruptor. 

"Saya juga tidak pernah kecewa kepada negara karena pada prinsipnya negara ini membutuhkan pengabdian terbaik dari seluruh anak bangsa dan seluruh penegak hukum untuk tidak mundur dari suatu hadapan tentang kebatilan, terutama menghadapi serangan balik para koruptor," kata Firli Bahuri saat konferensi pers di kantornya, Jl Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Senin, 20 November 2023. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya