Ikut Aksi di Monas, Menag: Posisi Indonesia jelas, Kita akan Berdiri Bersama Palestina

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas dan sejumlah tokoh nasional mulai dari pejabat negara hingga petinggi partai politik dan ormas menghadiri kegiatan solidaritas Aksi Damai Bela Palestina di Monas, Jakarta, Minggu pagi, 5 November 2023.
Sumber :
  • Kemenag

JAKARTA – Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas pagi ini menghadiri Aksi Damai Bela Palestina di Monas. Menag bersama jutaan orang dari berbagai elemen masyarakat sudah tampak hadir di Monas sejak pukul enam pagi.

Kunjungan Apostolik Berakhir, Menag Ungkap Tiga Pesan Paus Fransiskus

"Posisi Indonesia jelas. Kita akan berdiri bersama Palestina. Membela rakyat Palestina adalah membela kemanusiaan," kata Menag saat tiba di Monas, Minggu 5 November 2023.

Aksi di Monas ini juga dihadiri Menko PMK Muhadjir Effendi, Menlu Retno Marsudi, Ketua DPR Puan Maharani, Wapres RI ke-10 dan ke-12 Jusuf Kalla, Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar, hingga tokoh lintas agama.

Menag Ungkap Pesan Paus Fransiskus Sebelum Tinggalkan Indonesia: Jaga Perdamaian

Menurut Menag, membela kemanusiaan merupakan ajaran semua agama. Orang yang beragama pasti tidak akan diam melihat kemanusiaan terinjak-injak. "Di Islam agama diajarkan, bila mereka bukan saudaramu dalam Iman, maka mereka adalah saudaramu dalam kemanusiaan," tandas Menag.

Sama dengan peserta aksi lainnya, Menag Yaqut juga tampak menyampirkan kafiyeh di bahunya.

PBB Sebut Situasi Kemanusiaan di Gaza dalam Kondisi yang Sangat Buruk

Kafiyeh atau kufiyah, merupakan kain segi empat biasanya berwarna putih dengan motif kotak-kotak. Di tepi kain ada semacam rumbai-rumbai. Saat ini, kafiyeh menjadi lambang solidaritas terhadap perjuangan dan kampanye kemerdekaan Palestina.

Ajwa, Bocah 10 Tahun yang Tewas Akibat Rudal Israel (Doc: X)

Kisah Pilu Gadis 10 Tahun Tewas Dihantam Rudal Israel saat Bermain Sepatu Roda

Kisah Pilu Bocah 10 Tahun Tewas Kena Rudal Israel Saat Bermain Sepatu Roda

img_title
VIVA.co.id
6 September 2024