Kejagung Periksa Anggota BPK Achsanul Qosasi di Kasus Korupsi BTS Jumat 3 November

Anggota BPK Achsanul Qosasih
Sumber :
  • BPK RI

Jakarta - Anggota III Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI, Achsanul Qosasi (AQ) telah diagendakan untuk diperiksa sebagai saksi kasus dugaan korupsi proyek BTS 4G.

DJP Bantah Usai Jokowi Perintahkan Kominfo dan BSSN untuk Mitigasi Kebocoran Data NPWP

Rencananya pemanggilan bakal dilakikan Jumat, 3 November 2023. Hal tersebut diungkap Kepala Pusat Penerangan Kejaksaan Agung, Ketut Sumedana. Jika sesuai jadwal, pemeriksaan bakal dilakukan pukul 09.00 WIB. "Hari Jumat ini," kata dia kepada wartawan, Rabu 1 November 2023.

Sebelumnya diberitakan, Kejaksaan Agung (Kejagung) RI menyatakan telah mengirim surat kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk memanggil dan memeriksa anggota III Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI, Achsanul Qosasi (AQ) terkait kasus dugaan korupsi proyek BTS 4G.

Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta Tetapkan Eks Dirut Indofarma Tersangka Korupsi

Kejaksaan Agung Ketut Sumedana

Photo :
  • ANTARA

Sebelumnya Achsanul Qosasi terus menjadi sorotan publik, terutama setelah namanya muncul dalam persidangan. 

Kabar Terbaru Korupsi 109 Ton Emas Antam, Ini Kata Kejagung

“Tim penyidik melalui Jaksa Agung sudah mengirimkan surat ke Presiden, sehingga saat ini kita menunggu persetujuan tersebut untuk memanggil saudara AQ (Achsanul Qosasi) sebagai saksi,” kata Kapuspen Kejagung, Ketut Sumedana dalam keterangannya diterima wartawan, Minggu, 29 Oktober 2023. 

Untuk diketahui, pengungkapkan nama Achsanul Qosasi terjadi saat Direktur Utama PT Mora Telematika Indonesia, Galumbang Menak Simanjuntak, memberikan kesaksian dalam persidangan kasus BTS 4G.

"Sepanjang alat bukti yang cukup pasti akan kami kembangkan. Karena ini proses penegakan hukum masih sedang berjalan, semua kemungkinan bisa terjadi," ujarnya beberapa waktu lalu.

Dalam kesaksiannya, Galumbang menyebutkan adanya percakapan yang menyebutkan inisial AQ dari BPK. 

Anggota BPK Achsanul Qosasi

Photo :
  • BPK

Meski awalnya ia enggan memberikan penjelasan lebih lanjut, akhirnya ia mengungkapkan bahwa AQ merujuk kepada Achsanul Qosasi, Anggota III BPK RI.

"Kita lagi pelajari dan dalami peran yang bersangkutan," tambahnya.

Pengungkapan ini membuka berbagai tanda tanya dan spekulasi publik. Apakah keterlibatan Achsanul dalam kasus ini hanya sekadar nama yang disebut, atau apakah ia memiliki keterlibatan lebih dalam dalam kasus korupsi BTS 4G. Saat ini, belum ada rincian yang jelas mengenai peran Achsanul dalam kasus tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya