Profil Mayor Teddy Indra Wijaya, Penjaga Nyawa Prabowo yang Bukan Orang Sembarangan

Kapten Inf Teddy Indra Wijaya
Sumber :
  • TNI AD

Jakarta – Pada saat momen pidato bakal calon Presiden Prabowo Subianto dalam deklarasi dukungan PSI yang dilaksanakan di Djakarta Theater, Jakarta Pusat, nama Mayor Teddy sontak saja menjadi perbincangan karena meminta Prabowo untuk tidak berbicara terlalu lama. 

Di Sidang PBB, Menlu Retno Pertanyakan Pidato Netanyahu yang Sebut Israel Mendambakan Perdamaian

Prabowo yang sedang menyampaikan pidato tersebut mendadak melayangkan ultimatum kepada sekretaris pribadinya (sekpri) yang bernama Mayor Teddy Indra Wijaya. Video tersebut pun beredar luas di TikTok yang tampak Prabowo berkelakar memprotes ajudannya. 

"Ini Sekpri (sekretaris pribadi) saya, itu selalu ngatur-ngatur (katanya),'pak bapak pidato jangan terlalu lama pak'," kata Capres Prabowo Subianto yang dilansir dari akun TikTok @@bertold_hoover pada Jumat, 27 Oktober 2023. 

Matahari Pagi Indonesia Deklarasi Jadi Ormas, Ahmad Muzani Ungkap Tugasnya Bantu Pemerintah Prabowo

Usai berbicara seperti itu, Prabowo mendapat sorakan dan sambutan tawa dari para kader PSI. Selain itu, beberapa kader PSI yang hadir juga menunjuk-nunjuk Mayor Teddy yang berdiri tegak di sisi kanan para hadirin. 

Profil Mayor Teddy

Prabowo Ungkap 3 Kriteria untuk Jadi Menterinya, Bebas Korupsi yang Paling Utama

Kapten Inf Teddy Indra Wijaya

Photo :
  • TNI AD

Mayor Teddy Indra Wijaya merupakan salah satu dari banyak prajurit terbaik korps baret merah Kopassus. Sebelum menjadi ajudan Prabowo Subianto di Menteri Pertahanan (Menhan), Teddy Indra Wijaya adalah asisten ajudan Presiden Jokowi pada tahun 2014-2019. 

Ketika itu, Teddy masih berpangkat letnan satu dan tak lama kemudian berpangkat Kapten. Lulusan Akademi Militer (Akmil) tahun 2011 ini kemudian diberangkatkan ke Amerika Serikat, bahkan berhasil memenuhi kualifikasi pasukan elite Angkatan Darat di Amerika Serikat.

Kualifikasi tersebut hanya diperuntukkan bagi perwira paling fit secara fisik dan mental karena sangat ketat hingga presentase kelulusan para pesertanya pun hanya 20 persen. Bukan hanya itu, ia juga menjadi salah satu perwira unggulan yang dimiliki oleh satuan elite Kopassus. 

Kapten Inf Teddy Indra Wijaya

Photo :
  • Twitter @Fianto94

Teddy Indra Wijaya juga menjadi lulusan terbaik US Army Infantry School di Fort Benning, Amerika Serikat pada November 2019. Prestasi terbaik yang membanggakan adalah Mayor Teddy berhasil meraih predikat International Honor Graduate di antara 185 perwira, dengan rincian 171 perwira Amerika, dan 14 perwira asing.

Prestasi lain yang sempat diraih Mayor Teddy adalah menyelesaikan pendidikan United States Army Ranger School, dengan keterampilan pertempuran jarak dekat. Ia juga sempat mendapatkan Tab Ranger dalam program US Army Infantry School karena di Indonesia sendiri, tentara yang meraih Tab ranger sangat jarang dan salah satunya adalah presiden SBY. 

Bahkan bisa dihitung jari, diantaranya adalah Letjen TNI (Purn) Hotmangaraja Panjaitan,  Jenderal TNI (Purn) Susilo Bambang Yudhoyono, Letjen TNI (Purn) Nugroho Widyotomo, dan Letjen TNI (Purn) Syaiful Rizal.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya