Anies-Muhaimin Subuhan Bareng hingga Sowan Parpol Koalisi Sebelum Daftar ke KPU

Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar.
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta – Juru bicara Anies Baswedan, Sudirman Said turut meminta maaf kepada seluruh warga DKI Jakarta pada proses pendaftaran pasangan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar alias Cak Imin ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) yang akan dilakukan pada Kamis 19 Oktober 2023 besok. 

Profil Mochammad Afifuddin, Pengganti Hasyim Asy'ari Jadi Plt Ketua KPU

"Saya ingin sampaikan permohonan maaf kepada warga Jakarta yang mungkin besok sedikit agak terganggu karena penuhnya masa dan juga terimakasih atas pengertian ini," ujar Sudirman di Rumah Koalisi Perubahan di  Jalan Brawijaya, Jakarta Selatan pada Rabu 18 Oktober 2023.

Sudirman turut menjelaskan kalau rentetan acara ketika pendaftaran pasangan Anies-Muhaimin. Dia menyebut Cak Imin akan berangkat dari rumah pribadi Anies Baswedan di kawasan Lebak Bulus selepas salat Subuh.

KPU Koordinasi dengan Kemendagri soal Tanggal Pelantikan Kepala Daerah

Setelah itu, keduanya akan jalan bareng menuju kantor DPP PKS dengan menggelar rangkaian doa.

Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Rapat Koalisi Perubahan

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa
KPU Tak Campuri Urusan Pribadi Hasyim Asy'ari

"Di sana akan disambut oleh pengurus sekjen menjelaskan dari sana kemudian bergerak ke Kantor DPP PKB," kata dia.

Menurutnya, setelah itu akan ada doa kembali yang akan dipimpin oleh kiai sepuh di DPP PKB sekaligus menjemput pimpinan partai PKB. Lalu, pasangan AMIN lanjut bergerak ke Nasdem Tower.

"Nah dari Nasdem disana ada acara sedikit dan di PKB dan NasDem akan dijelaskan masing-masing pak sekjen," ucapnya.

Puluhan Ribu Relawan

Sebelumnya diberitakan, Sekertaris Jenderal Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Habib Aboe Al-Habsyi mengatakan bahwa besok pasangan Anies dan Cak Imin akan disambut oleh puluhan ribu relawan di KPU.

"Saya yakin dan percaya besok paling tidak 20 ribu sesuai izin. Kalau dia berlebih itu rahmat Allah SWT. Jangan salahkan kami kalau pemilihan AMIN itu lebih banyak esok yang pada hadir," ujar Habib Aboe di Jakarta Pusat pada Rabu 18 Oktober 2023.

Deklarasi Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar

Photo :
  • Twitter @aniesbaswedan

Kata Habib Aboe, Anies dan Cak Imin sebelum menuju ke KPU akan lebih dahulu menyambangi kantor partai politik koalisinya. Mulai dari DPP PKS, lalu ke DPP PKB hingga ke DPP NasDem.

Kemudian pasangan Anies-Cak Imin akan menuju Jalan Taman Suropati dengan berkonvoi. Disana mereka akan menyampaikan orasi sebelum menuju ke KPU RI.

Pasangan capres-cawapres kaolisi perubahan itu akan menunggangi sebuah mobil khusus yang telah disediakan. Habib Aboe mengatakan para ketua umum partai koalisi akan mendampingi AMIN mendaftar ke KPU RI. "Iya, iya (ketua umum partai akan mendampingi)," kata dia.

Pendaftaran Anies-Cak Imin di KPU RI rencananya akan dimulai pada pukul 08.00 WIB. Habib Aboe mengatakan konvoi koalisi AMIN akan menyajikan kejutan menjelang pendaftaran besok. "Lebih baik ada surprise," bebernya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya