Siapa Saja yang Terseret Kasus Pemeriksaan Firli Bahuri?

Firli Bahuri Terseret Dugaan Pemerasan Syahrul Yasin Limpo
Sumber :
  • VIVA.co.id

Jakarta – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) semakin menjadi sorotan publik karena pelbagai masalah yang menyeret pimpinan. Firli Bahuri dan kawan-kawan telah beberapa kali dilaporkan ke Dewan Pengawas KPK, bahkan ke penegak hukum lain.

Kombes Ade Safri Blak-Blakan Usut 2 Kasus Firli Bahuri

Paling anyar, pimpinan KPK dilaporkan ke Polda Metro Jaya atas dugaan pemerasan kepada mantan Menteri Syahrul Yasin Limpo (SYL) terkait penanganan kasus dugaan korupsi di lingkungan Kementerian Pertanian.

Ketua KPK Firli Bahuri saat jumpa pers di Gedung Merah Putih, Kamis 5/9

Photo :
  • KPK
Kabar Terbaru Perburuan Dalang Penipuan Like YouTube Rp 806 Juta di Kamboja

Kemudian, rencana pemeriksaan Firli Bahuri untuk dimintai keterangan sebagai saksi itu belum dibeberkan kapan waktunya.

"Kalau sudah layak diperiksa. Ya kita mintai keterangan sebagai saksi," kata Kapolda Metro Jaya Irjen Karyoto kepada wartawan, Jumat 13 Oktober 2023. Jenderal bintang dua ini juga belum membeberkan materi pemeriksaan Firli Bahuri itu.

Wakapolda dan Dirresnarkoba Polda Metro Jaya Resmi Berganti, Ini Sosoknya

Sebelumnya, sopir pribadi Syahrul Yasin Limpo bernama Heri dipanggil Polda Metro Jaya untuk dimintai keterangan. Heri diperiksa terkait dugaan pemerasaan yang dilakukan pimpinan KPK.

Adapun surat panggilan yang beredar di kalangan awak media bernomor Nomor:B/10 339 MII/RES.3.3./2023/Ditreskrimsus diperuntukkan kepada sopir pribadi Mentan Syahrul Yasin Limpo.

Surat panggilan itu juga telah ditandatangani Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya, Kombes Ade Safri Simanjuntak pada 25 Agustus 2023.

Dalam surat pemanggilan itu, disebutkan Heru dimintai keterangan oleh penyidik pada Senin 28 Agustus 2023 pukul 09.30 WIB di ruang pemeriksaan Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya.  Penyidik Subdit Tipikor Ditreskrimsus Polda Metro Jaya telah meningkatkan status perkara dugaan pemerasan pimpinan KPK ke tahap penyidikan.

Mantan Wakil Ketua KPK, Saut Situmorang

Syahrul Yasin Limpo Temui Ketua KPK Firli Bahuri Lagi Main Badminton

Photo :
  • Istimewa

Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya mengagendakan pemeriksaan terhadap mantan Wakil Ketua KPK RI periode tahun 2015-2019, Saut Situmorang.

Hal itu dibenarkan Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Ade Safri Simanjuntak. "Satu orang saksi dari eks Wakil Ketua KPK RI periode tahun 2015-2019," ujar Ade kepada wartawan, Selasa 17 Oktober 2023.

Meski begitu, Ade tidak merinci identitasnya. Dia cuma menyebut pemeriksaan bakal dilakukan pukul 10.00 WIB.

Namun, dari informasi yang diperoleh VIVA, ternyata pimpinan KPK yang dimaksud adalah Saut Situmorang. Adapun Saut sudah membenarkan bakal dimintai keterangannya sebagai saksi. "(Dimintai keterangan) Jam 10.00 ya," kata Saut saat dikonfirmasi terpisah.

Ajudan Firli Bahuri, Kevin Egananta

Ketua KPK Firli Bahuri saat jumpa pers di Gedung Merah Putih, Kamis 5/9

Photo :
  • VIVA/Zendy Pradana

Pada Jumat, 13 Oktobober, ajudan Ketua KPK diperiksa polisi; delapan jam menjalani pemeriksaan, Ajudan firli bahuri yang bernama Kevin Egananta ini hanya bungkam. Kevin diperiksa soal kasus dugaan pemerasan oleh Pimpinan KPK, kepada Mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo.

Penyidik akan kembali memanggil Kevin pada Rabu, 18 Oktober 2023 mendatang untuk pemeriksaan tambahan, sekaligus melengkapi bukti-bukti. Surat perintah dimulainya penyidikan kasus ini juga telah diserahkan ke Kejati DKI Jakarta.

Sebelumnya, Wakil Ketua KPK, Alexander Marwata memastikan, tidak ada ancaman terhadap Syahrul Yasin Limpo yang kini berstatus tersangka korupsi di Kementan.

Selain kasus korupsi di Kementan, polisi juga tengah melakukan penyidikan terhadap dugaan pemerasan yang dilakukan Pimpinan KPK. Wakil Ketua KPK menjamin, penyidikan terhadap Syahrul Yasin Limpo berjalan adil, terbuka, dan profesional.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya