Jessica Wongso Bicara soal Kasus Kopi Sianida di Netflix, Ditjen PAS: Tanpa Izin

Jessica Wongso
Sumber :

Jakarta - Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Ditjen PAS) Kemenkumham angkat bicara mengenai cuplikan wawancara Jessica Kumala Wongso, narapidana kasus pembunuhan dengan kopi sianida dalam sebuah film dokumenter. Dikatakan bahwa wawancara itu dilakukan tanpa izin dari pihaknya.

Bank Digital yang Kasih Keuntungan Nonton Film dengan Harga Terjangkau

"Tidak ada izin terkait itu. Tidak ada izin liputan," kata Kabag Humas Ditjen PAS Rika Aprianti dikonfirmasi awak media, Minggu, 1 Oktober 2023.

Film dokumenter Ice Cold: Murder, Coffee, and Jessica Wongso

Photo :
  • Netflix
Misteri Hantu Penebok dan Lonceng Keramat Belitung Diungkap dalam Film The Bell

Wawancara Jessica diabadikan dalam film 'Ice Cold: Murder, Coffe and Jessica Wongso' yang saat ini ditayangkan oleh Netflix.

Menurut Rika, perekaman maupun permintaan keterangan napi tak bisa dilakukan tanpa adanya izin berdasarkan aturan yang berlaku.

Cara Daftar Fesbul Lokus 8 untuk Sineas Muda Sumatera

"Wawancara kepada narapidana hanya diizinkan selama terkait dengan pembinaan sesuai dengan peraturan liputan di Pemasyarakatan," kata Rika.

Rika juga mengatakan pelanggaran wawancara tersebut bukan cuma terkait perizinan. Pasalnya, permintaan keterangan dilakukan saat pandemi COVID-19 masih melanda Indonesia.

"Saat itu masih status pandemi COVID (Februari 2022), bahkan kunjungan langsung keluarga warga binaan pun dibatasi, diganti secara virtual," kata Rika.

Dokumentar kisah kopi sianida Jessica Wongso bakal tayang di Netflix

Photo :
  • IG @netflixid

Rika menambahkan, wawancara Narapidana Jessica seharusnya tidak diperbolehkan. Sebab, saat itu seluruh lapas dilarang melakukan kunjungan fisik untuk meminimalisir penyebaran COVID-19 di kalangan narapidana.

"Iya termasuk kunjungan keluarga narapidana juga dilakukan secara virtual," imbuhnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya