Ribuan Pekerja Sawit PT HMBP Pilih Mengungsi karena Trauma Aksi Anarkis

Para pekerja PT HMBP terpaksa mengungsi dari areal perusahaan karena trauma terjadinya peristiwa anarkis beberapa hari lalu.
Sumber :
  • tvOne/Didi Syachwani

Seruyan – Unjuk rasa warga Desa Bangkal, Kecamatan Seruyan Raya, Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah berujung terjadinya aksi anarkis. Terjadi perusakan bangunan kantor perusahaan perkebunan kelapa sawit PT Hamparan Masawit Bangun Persada (HMBP) dan terjadi pembakaran sejumlah rumah karyawan dan guru.

Momen Prabowo Sapa Warga di Monas Usai Hadiri HUT TNI ke-79

Camat Seruyan, Raya, M. Abdi Radhiyanie mengatakan, peristiwa ini ternyata menimbulkan trauma mendalam bagi para pekerja. Sekitar seribu pekerja mengungsi.

"Jumlahnya (pekerja mengungsi) lebih dari seribu. Mereka semua mengaku ketakutan, kalau peristiwa pembakaran bangunan terjadi lagi, apalagi rata-rata para pekerja itu adalah warga pendatang," ungkapnya, Sabtu, 23 September 2023.

22 Perusahaan Raih Penghargaan QHSE di Ajang IQSA 2024

Para pekerja PT HMBP terpaksa mengungsi dari areal perusahaan karena trauma terjadinya peristiwa anarkis beberapa hari lalu.

Photo :
  • tvOne/Didi Syachwani

Ia melanjutkan, karena jumlah pengungsinya cukup banyak, pihak kecamatan akhirnya membagi lokasi pengungsian menjadi 7 titik. Salah satunya adalah di halaman kantor kecamatan Seruyan Raya yang menampung sebanyak 340 jiwa.

LIVE Breaking News: Perayaan HUT ke-79 TNI 2024 di Monas

Para pengungsi tersebut sudah 2 hari ini pergi meninggalkan rumah atau mess tinggal mereka yang ada di lingkungan perusahaan. "Tidak banyak harta benda yang mereka bawa. Mereka sepertinya hanya barang kebutuhan sehari-hari saja," sebutnya.

Saat hari pertama mengungsi, pihak kecamatan terpaksa membangun tenda darurat dari terpal untuk sementara waktu menjadi tempat tinggal para pengungsi tersebut. Kemudian baru hari ini, BPBD dan Dinas Sosial Kabupaten Seruyan datang mendirikan tenda lapangan.

Pihaknya juga sudah mendirikan dapur umum untuk memenuhi kebutuhan makan minum para pengungsi. Selain itu dari perusahaan tempat mereka bekerja juga ada mengirim suplay makanan, serta bantuan dari warga yang bersimpati dengan kondisi para pekerja yang nampak selalu ketakutan.

Abdi juga menjelaskan, sejak aksi demo warga desa Bangkal kemaren, aktivitas perusahaan memang stop tidak ada kegiatan, dan ia mengaku belum mendapat informasi kapan kegiatan perusahaan akan berjalan kembali.

"Mungkin nanti menunggu persoalan dengan warga desa Bangkal selesai dulu, baru ada aktivitas perusahaan akan berjalan kembali," kata Abdi.

Sementara itu untuk situasi kamtibmas di desa Bangkal sejak terjadinya peristiwa anarkis lalu, kondisinya sekarang sudah mulai berangsur kondusif. Namun demikian, warga yang terlibat aksi demo masih tetap bertahan di sekitar areal perusahaan.

Selama aksi berlangsung, aparat keamanan dari TNI dan Polri, terus berjaga-jaga, guna menghindari aksi anarkis seperti kemaren terulang kembali atau ada masuknya provokasi dari luar yang bisa menyulut emosi warga.

"Mereka mungkin baru akan mengakhiri aksi kecuali jika tuntutan mereka dipenuhi. Namun sejauh ini kedua belah pihak baik perusahaan maupun warga, belum juga menemui kata sepakat meskipun beberapa kali dilakukan dialog atau mediasi," ujarnya.

Laporan: tvOne/Didi Syachwani

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya