Pasca Kebakaran, Museum Nasional Akan Ditutup Sementara

Museum Nasional Indonesia
Sumber :
  • vivanews/Andry Daud

Jakarta - Museum Nasional akan ditutup sementara, imbas terjadinya musibah kebakaran yang melanda Gedung A pada Sabtu malam, 16 September 2023.

Polisi Tangkap 2 Tersangka Baru Kasus Pembubaran Diskusi di Kemang

"Sebagai langkah pencegahan tambahan, MNI akan sementara ditutup sampai ada pemberitahuan lebih lanjut. Kami akan berupaya keras untuk memastikan bahwa museum kembali dalam kondisi terbaik secepat mungkin," ujar Plt Kepala Badan Layanan Umum Museum dan Cagar Budaya (BLU MCB) Ahmad Mahendra dalam keterangannya, Minggu, 17 September 2023.

Kendati demikian, Mahendra akan mengembalikan sejumlah tiket yang sudah dibeli oleh masyarakat untuk memasuki area Museum. Ia menjelaskan bahwa ini merupakan situasi force majeur (keadaan kahar). 

Penjelasan Polisi soal Stasiun Manggarai Penuh Sesak di HUT TNI

"Karena keadaan kahar ini, tiket yang telah dibeli akan dikembalikan. Informasi lebih lanjut mengenai proses pengembalian dana akan disampaikan segera setelah kami memiliki panduan yang lebih jelas," katanya.

Museum Nasional kebakaran

Photo :
  • ANTARA FOTO/ Fakhri Hermansyah
Mahasiswi Untar Jatuh dari Lantai 4 Gedung Diduga Bunuh Diri, Polisi Ungkap Perilaku Aneh Korban

"Kami mohon pengertian dari masyarakat atas langkah yang kami ambil. Tujuannya adalah untuk 
memastikan keselamatan dan keamanan pengunjung," sambungnya.

Penutupan sementara juga dibenarkan oleh Kapolres Metro Jakarta Pusat, Kombes Pol Komarudin. Ia membeberkan alasan museum ditutup sementara lantaran banyak benda-benda bersejarah yang sedang dilakukan pemeriksaan labfor.

"Museum sementara kita tutup karena di dalam banyak sekali barang-barang bersejarah, jadi kita pastikan museum ditutup sementara. Iya (steril di dalam), karena kan ada pemeriksaan labfor juga," kata Komarudin.

Komarudin mengaku belum tahu sampai kapan penutupan Museum Nasional yang juga disebut Museum Gajah tersebut. Ia hanya menyebut setelah semua dinyatakan selesai dan terdata oleh pihak labfor.

"Belum tahu (sampai kapan ditutup), nanti setelah dinyatakan selesai, dari labfor selesai dari pihak museum menyatakan sudah boleh sudah terdata semua baru bisa dibuka lagi," katanya.

Sebelumnya, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Anwar Makarim meninjau lokasi kebakaran yang melanda bangunan Gedung A Museum Nasional Indonesia, pada Sabtu malam, 16 September 2023.

Museum Nasional Indonesia terbagi menjadi tiga bangunan utama, yakni gedung A, Gedung B dan Gedung C. Kebakaran saat ini diketahui terjadi di bagian belakang Gedung A dan sampai dengan pukul 22.40 api sudah padam. 

"Alhamdulillah, tidak ada korban jiwa. Saat ini, prioritas utama kami adalah upaya perlindungan maksimal terhadap artefak berharga dan benda-benda sejarah yang ada di dalam museum," kata Nadim kepada wartawan, Sabtu, 17 September 2023.

Tim investigasi internal juga dikerahkan Mendikbudristek untuk menentukan penyebab pasti kebakaran serta agar segera melakukan pendataan terhadap koleksi baik yang terdampak maupun yang sudah diamankan. 

"Kemendikbudristek akan bekerja sama dengan pihak berwenang untuk memastikan bahwa penyelidikan berjalan dengan transparan," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya