Di G20 India, Jokowi dan Pemimpin Dunia Beri Penghormatan ke Mahatma Gandhi

Presiden Jokowi.
Sumber :
  • VIVA/Anisa Aulia

Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengunjungi Mahatma Gandhi Samadhi, yang berlokasi di Rajghat, New Delhi, India, pada Minggu, 10 September 2023. Dalam kunjungan tersebut, Jokowi didampingi oleh Presiden Republik Prancis, Emmanuel Macron, Perdana Menteri India, Narendra Modi, dan para pimpinan dunia lainnya.

Paus Fransiskus Terharu Ada Momen Ini Sebelum Pimpin Misa Akbar di GBK

Dikutip dari laman presidenri.go.id, kunjungan Jokowi dan para pemimpin negara lainnya ke lokasi itu untuk memberikan penghormatan kepada sosok Mahatma Gandhi. Kegiatan tersebut juga merupakan salah satu rangkaian dari agenda Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 India.

Tiba sekira pukul 09.00 waktu setempat (WS) atau sekitar 10.30 WIB, Presiden Jokowi yang memakai setelan jas berwarna biru disambut oleh Perdana Menteri (PM) Narendra Modi. Terlihat, PM Modi pun mengalungkan selendang dengan logo G20 India di bagian bawahnya.

RK di Depan Warga Betawi: Saya dan Pak Prabowo Bestie, Gampang Kalau Ada Apa-apa

Kedua pemimpin negara kemudian berfoto bersama dengan latar belakang bergambar Hriday Kunj, yang merupakan tempat tinggal Mahatma Gandhi. Selain berfoto, PM Modi juga turut memberikan penjelasan mengenai Hriday Kunj tersebut kepada Presiden Jokowi.

Setelahnya, Presiden Jokowi menandatangani peace wall yang ditempatkan di dalam leaders lounge bersama para pemimpin negara lainnya. Kemudian, Presiden bersama para pemimpin negara yang hadir berjalan bersama-sama menuju Mahatma Gandhi Memorial.

Presiden Jokowi akan Berkantor di IKN 40 Hari Jelang Lengser

Suasana akrab antarpemimpin negara pun terlihat dalam perjalanan menuju Mahatma Gandhi Samadhi. Presiden Jokowi yang berjalan berdampingan dengan PM Singapura, Lee Hsien Loong, terlihat berbincang santai dalam perjalanannya.

Setibanya di sana, para pemimpin negara berdiri mengelilingi Mahatma Gandhi Memorial. Presiden Jokowi yang berdiri di antara PM Modi dan Presiden Prancis Emmanuel Macron kemudian memberi penghormatan kepada Mahatma Gandhi, dengan karangan bunga yang telah diletakkan di hadapan masing-masing.

Usai memberikan penghormatan, Jokowi bersama seluruh pemimpin negara yang hadir kemudian meninggalkan Rajghat untuk melanjutkan rangkaian KTT G20 India lainnya yang digelar di Bharat Mandapam, IECC, Pragati Maidan.

Muhammad Natsir Sahib

Rocky Gerung Dilaporkan ke Polda Metro usai Sebut Gibran Kerap Terima Setoran

Ketua Umum DPP Forum Komunikasi Santri Indonesia (FOKSI) Muhammad Natsir Sahib mengadukan ucapan pengamat politik Rocky Gerung ke Polda Metro Jaya.

img_title
VIVA.co.id
8 September 2024