Taiwan Bantu Korban Gempa Cianjur, 5 PAUD Rampung Direnovasi

Duta Besar John Chen dan Ibu Cathy Lee Chen dari TETO Jakarta.
Sumber :
  • TETO Jakarta Indonesia

Jakarta – Duta Besar John Chen dan Ibu Cathy Lee Chen dari Taipei Economic and Trade Office (TETO), Jakarta, Indonesia, menghadiri upacara peresmian sekolah Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) yang telah selesai direnovasi di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Rabu, 23 Agustus 2023.

Janji Dedi Mulyadi, Gaji Tukang Sapu di Jawa Barat Rp 5 Juta per Bulan

Duta Besar John Chen berharap, lima sekolah tersebut dapat memberikan ruang belajar yang lebih nyaman dan aman bagi para murid. "Serta dapat belajar dengan bahagia dan tumbuh dengan sehat," ujarnya seperti dilansir TETO Jakarta, Indonesia, Jumat, 25 Agustus 2023.

Menurut John Chen, Indonesia selama 2 tahun berturut-turut terpilih oleh Charities Aid Foundation di Inggris sebagai negara yang paling dermawan di dunia. 

Gempa Magnitudo 3,0 Guncang Bayah Banten

Sama seperti Indonesia, lanjut John Chen, setiap kali melihat penderitaan yang terjadi di berbagai tempat di seluruh dunia, rakyat Taiwan merasakan penderitaan yang sama.  "Melalui rasa empati yang tinggi, kemurahan hati rakyat Taiwan akan selalu hadir dengan memberikan bantuan yang terbaik," katanya.

Guru, murid dan wali murid di Cianjur menyambut perwakilan Taiwan.

Photo :
  • TETO Jakarta Indonesia
Ipda T Jadi Tersangka Pembunuhan Tuti dan Amalia di Subang, Ini Alasannya

Lima sekolah PAUD itu direnovasi usai dilanda gempa bumi dengan magnitudo 5,6 pada 21 November 2022 lalu. Renovasi dilakukan dengan dana bantuan bencana dari Pemerintah Taiwan.

Pascagempa, Pemerintah Taiwan menyerahkan donasi kepada Pemerintah Indonesia sebesar US$100.000 melalui Yayasan Amal Tiga Roda untuk mengkoordinasi bantuan.  Yayasan Amal Tiga Roda Cabang Bandung lantas melaksanakan penyerahan bantuan kepada korban gempa dan rekonstruksi infrastruktur.

Adapun lima sekolah yang direnovasi dan direkonstruksi tersebut yaitu PAUD Nurul Huda, PAUD Intan Mas, PAUD Mentari Pagi, PAUD Auladi Cemerlang, dan PAUD Amanah Bunda.

Ketua Yayasan Amal Tiga Roda Cabang Bandung, Ko Pai Kuan menjelaskan tentang proses penanganan kegiatan bantuan. Ia berterima kasih atas dukungan pemerintah Taiwan dan mempercayakan tugas penting untuk mengkoordinasi kegiatan bantuan di kabupaten Cianjur kepada Yayasan Amal Tiga Roda. 

Sementara Asisten Daerah (Asda) 1 Kabupaten Cianjur Arif Purnawan, berterima kasih kepada pemerintah dan rakyat Taiwan yang terus memberikan bantuan ke lokasi pasca-bencana gempa. "Pemerintah dan masyarakat Kabupaten Cianjur tidak akan pernah melupakan semua bantuan yang telah diberikan," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya