Tahanan Polsek di Bulukumba Ngamuk Lalu Bakar Ruang Penjara, Diduga Depresi Usai Memperkosa

Petugas melakukan pemeriksaan di ruang tahanan/Ilustrasi.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah

Sulawesi Selatan – Seorang tahanan inisial RS nekat membakar ruang tahanan di Polsek Gantarang, Polres Bulukumba, Sulawesi Selatan (Sulsel). Akibatnya, ruang tahanan itu hangus dan terporak poranda usai terbakar.

Remaja di Puncak Bogor Dipukuli Hingga Meninggal Dunia

Kasat Reskrim Polres Bulukumba, Iptu Abustam mengatakan, ruang tahanan Polsek itu dibakar oleh tersangka RS  pada Jumat 19 Agustus 2023 kemarin. Tersangka kasus pemerkosaan itu membakar ruang tahanan dengan sendirinya.

"Iya kejadiannya kemarin. Kondisi tidak terlalu parah juga karena petugas segera padamkan saat kepulan asap mulai terlihat," kata Abustam saat dimintai konfirmasi, Sabtu, 19 Agustus 2023.

Polisi Kantongi Identitas Begal Motor yang Tembak Korbannya di Tangerang

Ilustrasi tahanan diborgol.

Photo :
  • ANTARA FOTO

Ilustrasi tahanan diborgol.

Photo :
2 Teroris Jamaah Ansharut Daulah Dicokok di Bima, Begini Perannya
Abustam menjelaskan, pembakaran ruang tahanan itu dilakukan oleh RS pada pukul 07.00 kemarin. Awalnya, RS sebelum melakukan pembakaran, dia sempat mencungkil tegel dan merusak pintu toilet di dalam ruang tahanan. Kemudian tripleks tempat tidur dia langsung dibakar.

"Laporan dari anggota yang berjaga kalau tersangka ini mengamuk. Toilet dan tegel ruang tahanan dia rusak. Kemudian tripleks tempat tidurnya dia bakar," ungkapnya.

Beruntung, kata Abustam, saat kebakaran kondisi penjara yang dilalap api tidak terlalu parah. Sebab, anggota yang piket jaga saat itu langsung sigap melakukan pemadaman.

"Api tidak sempat menyebar luas karena anggota cepat padamkan apinya saat itu," tuturnya.

Lebih lanjut, Abustam mengaku belum mengetahui pasti motif tahanan tersebut membakar ruang tahanan. Namun, saat ini tahanan yang membakar itu telah dievakuasi ke Polres Bulukumba kemudian dilakukan pemeriksaan kejiwaannya ke kota Makassar.

"Kalau motif masih kita dalami. Tapi untuk saat ini tahanan itu sudah kita amankan ke Polres. Nantinya kita bawa juga ke Kota Makassar untuk pemeriksaan kejiwaannya," tambahnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya