Berstatus Waspada sejak 2013, Gunung Ibu di Maluku Utara Erupsi Setinggi 1.000 Meter

Pemandangan Gunung Ibu di Maluku Utara pada Rabu, 9 Agustus 2023.
Sumber :
  • ANTARA

Halmahera – Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) melaporkan bahwa Gunung Ibu di Maluku Utara pada pukul 11.36 WIT, Rabu, 9 Agustus 2023, mengalami erupsi dan tinggi kolom letusannya mencapai kurang lebih 1.000 meter di atas puncak.

Calon Gubernur Paling Kaya Ini Tewas, Jangan Kaget Lihat Koleksi Mobilnya

Erupsi Gunung Ibu terekam seismograf memiliki amplitudo maksimum 28 milimeter dan durasi satu menit 22 detik. Selama erupsi, gunung api itu dilaporkan mengeluarkan abu kelabu tebal yang mengarah ke timur.

"Ancaman bahaya erupsi masih jauh dari lokasi pemukiman yang berjarak enam sampai tujuh kilometer dari kawah," kata Petugas Pos Pemantauan Gunung Ibu Ahmad Basuki dalam laporan yang disiarkan oleh PVMBG.

Sherly Tjoanda Diusulkan Jadi Pengganti Benny Laos Jadi Cagub Maluku Utara

Warga maupun pengunjung yang berada di sekitar Gunung Ibu disarankan tidak melakukan kegiatan di area dalam radius dua kilometer dari puncak serta area perluasan sektoral sejauh 3,5 kilometer ke arah bukaan kawah di bagian utara dari kawah aktif gunung api tersebut.

Kemenhub Kerahkan KNKT Selidiki Penyebab Terbakarnya Speedboat yang Ditumpangi Benny Laos

Jika aktivitas Gunung Ibu sampai menimbulkan hujan abu, maka masyarakat di sekitar gunung itu diminta menggunakan penutup hidung dan mulut serta kacamata saat beraktivitas di luar rumah.

Gunung Ibu di Pulau Halmahera, Maluku Utara saat Erupsi.

Photo :
  • BNPN/Magma

Gunung Ibu berstatus Waspada (Level II) sejak 10 Desember 2013 hingga sekarang. PVMBG mencatat gunung api di barat laut Pulau Halmahera itu mengalami 26 kali erupsi sejak 1 Januari 2023. (ant)

Gunung Lewotobi Laki-Laki.

Gunung Lewotobi Laki-Laki Meletus, Abu Vulkanik hingga Lava Pijar Menyembur 1 Km dari Puncak

Gunung Lewotobi Laki-Laki meletus hingga menyemburkan abu vulkanik dan pijaran api setinggi lebih kurang 1 kilometer dari atas puncaknya pada Rabu malam pukul 22.23 WIT.

img_title
VIVA.co.id
17 Oktober 2024