Survei LSI Denny JA Sebut Tren Elektabilitas Prabowo Makin Meningkat

Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto.
Sumber :
  • Viva/Mohammad Yudha Prasetya

Jakarta – Tren elektabilitas bakal calon presiden (capres) Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo mengalami dinamika yang cukup menarik. Berdasarkan paparan survei terbaru LSI Denny JA, Prabowo unggul cukup jauh dari Ganjar. 

Elektabilitas Helldy Agustian Unggul di Survei, Pengamat: Berpeluang Menang Pilkada Cilegon 2024

Hal itu dikemukakan Direktur Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA, Hanggoro Doso Pamungkas. “Prabowo di angka 52,0 persen, Ganjar 41,6 persen, data ini kita lihat dari waktu ke waktu, pada tahun 2023. Mulai dari bulan Januari, Mei, Juni hingga survei Juli kali ini terjadi dinamika yang cukup menarik,” kata Hanggoro, dalam keterangan resminya, Senin, 31 Juli 2023. 

Pada bulan Januari lalu, menurut Hanggoro, Prabowo masih tertinggal dibanding Ganjar. Saat itu, Prabowo mengantongi dukungan sebesar 38,5 persen, sementara Ganjar unggul di angka 43,1 persen. Kemudian, pada Mei-Juni-Juli, secara konsisten Prabowo mengungguli Ganjar.  “Kalau kita lihat trennya semakin meningkat, gap-nya semakin lebar,” kata Hanggoro. 

Soedradjad Djiwandono Yakin Defisit Tak Lebih 2,5% Meski Ada Program Makan Bergizi Gratis

Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto

Photo :
  • VIVA/Ahmad Farhan Faris

Pada bulan Mei 2023, Prabowo unggul di angka 44,5 persen. Sementara Ganjar mengantongi dukungan sebanyak 38,1 persen. Pada bulan Juni 2023, jarak elektabilitas Prabowo dan Ganjar semakin melebar. 

Media Asing Sebut Menkominfo Budi Arie Setiadi 'Menteri Giveaway'

Pada bulan Juni 2023, Prabowo berhasil mengantongi elektabilitas sebesar 50,4 persen, berbanding terbalik dengan dukungan yang diraih oleh Ganjar yaitu sebesar 43,2 persen. 

Adapun puncaknya pada bulan Juli 2023, elektabilitas Prabowo kian kokoh di peringkat pertama. Pada bulan Juli 2023, Prabowo berhasil mengumpulkan dukungan sebesar 52,0 persen, sedangkan Ganjar hanya mendapatkan dukungan sebanyak 41,6 persen.  “Tren elektabilitas capres Prabowo menanjak, Ganjar turun naik,” ujarnya. 

Karena itu, menurut Hanggoro, raihan yang dicapai oleh Prabowo ini sangat konsisten dan memperbesar peluangnya untuk keluar sebagai pemenang pada Pilpres 2024 mendatang. 

Dia mengatakan, Prabowo diperkirakan akan terus mengalami tren kenaikan elektabilitas menjelang kontestasi demokrasi mendatang.

“Ini adalah raihan yang cukup konsisten yang didapat oleh Prabowo dan apabila kondisi ini tidak berubah maka bisa saja kita ketemu hari ini mungkin saja trennya akan semakin meningkat bagi keunggulan Prabowo,” ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya