Jokowi Perintahkan Pj Gubernur DKI Segera Bereskan Normalisasi Kali Ciliwung

Presiden Jokowi Resmikan Sodetan Ciliwung
Sumber :
  • Biro Pers Sekretariat Presiden

Jakarta - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) meminta Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono untuk segera  menyelesaikan normalisasi Kali Ciliwung guna mengatasi masalah banjir yang kerap melanda Ibu Kota.

Cegah Orang Tua Numpang KK Demi Sekolahkan Anaknya di Jakarta, Heru Budi Minta Kerja Sama Pemda

Pengerjaan normalisasi Kali Ciliwung itu dapat dilakukan Pemprov DKI melalui koordinasi dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

"Ini saya minta, Pak Menteri PU (PUPR Basuki Hadimuljono) dan Pak Gubernur DKI bersama-sama untuk menyelesaikan ini," kata Jokowi usai meresmikan Sodetan Ciliwung, Jakarta Timur, Senin, 31 Juli 2023.

Sekjen PDIP Sebut Heru Budi Sering Ketemu Megawati, Bahas Apa?

Presiden Joko Widodo, Menteri PUPR, Pj Gubernur DKI di Proyek Sodetan Ciliwung

Photo :
  • Lukas - Biro Pers Sekretariat Presiden

Pengerjaan normalisasi Kali Ciliwung, katanya, baru sekitar 16 persen dari target awal 33 persen. Dengan begitu, masih ada 17 persen sisanya yang menurut Jokowi harus segera diselesaikan, termasuk penanganan di 12 sungai yang mengalir dan melintasi DKI Jakarta.

Bareng Mentan Salurkan Pompa untuk Petani di Sulsel, Jokowi: Tingkatkan Produksi Pangan

Meski demikian, Jokowi enggan memberikan target penyelesaian normalisasi Kali Ciliwung. Sebab, kata dia, persoalan mengatasi banjir ini merupakan proyek jangka panjang. Selain itu, ada masalah lain, yakni banjir rob dari arah utara.

Jokowi meresmikan sodetan Ciliwung yang berlokasi di Jalan Otto Iskandardinata, Jakarta Timur, Senin. Turut hadir dalam peresmian itu Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri Agraria Tata Ruang (ATR)/Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Hadi Tjahjanto, hingga Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi.

Jokowi mengatakan penanganan banjir di Jakarta harus dilakukan mulai dari hulu sampai dengan hilir, tidak bisa hanya dilakukan di hilir.

Pengerjaan Sodetan Kali Ciliwung - KBT

Photo :
  • ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

Urusan sodetan Ciliwung untuk menangani banjir yang kerap melanda DKI Jakarta sudah berlangsung sejak belasan tahun lalu, katanya. Maka, dia bersyukur, sodetan Ciliwung sudah rampung dikerjakan dan dapat segera dioperasikan.

Menurut Jokowi, dengan adanya sodetan Ciliwung maka akan ada sedikitnya enam kelurahan di Jakarta yang tidak akan kebanjiran lagi. "Urusan sodetan Ciliwung sudah bertahun-tahun, sudah hampir 11 tahun, dan hari ini, alhamdulilah, selesai. Ini bisa menyelesaikan paling tidak enam kelurahan enggak banjir lagi," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya