Briptu Tiara Nissa Jadi Lulusan Terbaik di Akademi Kepolisian Turki hingga Disalami Presiden Erdogan

Anggota Polri diwisuda langsung Presiden Erdogan usai ikuti pendidikan di Turki
Sumber :
  • Instagram @yenisafak

Turki – Salah satu anggota Polisi wanita (Polwan) asal Indonesia yakni Briptu Tiara Nissa Zulbida berhasil menjadi lulusan dengan meraih peringkat 5 besar terbaik di Turkish National Police Academy (TNPA) atau Akademi Kepolisian Turki

Kapolri di HUT ke-79 TNI: Kami Bersinergi, Saling Melengkapi dalam Tugas Negara

Hal itu disampaikan oleh Kepala Bagian Penerangan Umum Divisi Humas Polri Kombes Nurul Azizah yang membagikan kabar membanggakan dalam pendidikan kepolisian tersebut. 

Anggota Polri diwisuda langsung Presiden Erdogan usai ikuti pendidikan di Turki

Photo :
  • dok Polri
KPK di Urutan Terbawah Lembaga Hukum Paling Dipercaya Publik, Menurut Indikator Politik

Karena menjadi salah satu lulusan terbaik, Briptu Tiara Nissa berkesempatan untuk menyampaikan pidatonya di depan Presiden Erdogan dan seluruh tamu undangan dalam bahasa Turki. 

"Briptu Tiara menjadi salah satu perwakilan peserta didik Internasional yang diberikan kesempatan menyampaikan speech dalam bahasa Turki di hadapan Presiden Erdogan dan seluruh tamu undangan yang hadir," kata Nurul  yang dikutip dari VIVA pada Senin, 31 Juli 2023. 

Pemancingan di Banten jadi Lokasi Benih Lobster Ilegal, 4 Orang Dicokok Bareskrim

Anggota Polri diwisuda langsung Presiden Erdogan usai ikuti pendidikan di Turki

Photo :
  • Instagram @yenisafak

Briptu Tiara Nissa Zulbida sendiri merupakan polwan asal Pasuruan yang bertugas di Polda Jawa Timur. Pendidikan lanjutannya di Pusat Pelatihan Kepolisian Negara Republik Turki dimulai pada tahun 2021 dan selesai pada tahun 2023 ini. 

Seperti diketahui, 3 anggota Polri asal Indonesia mengikuti pendidikan Turkish National Police Academy (TNPA). Ketiga anggota Polri tersebut menjadi bagian dari 87 peserta didik internasional lainnya diwisuda pada Rabu, 26 Juli 2023 usai mengikuti pendidikan selama 2 tahun. 

Nurul Azizah mengatakan, ketiga anggota Polri itu terdiri dari 2 polisi wanita yakni Ipda Regina Setiawan dari Polda Kepri dan Briptu Tiara Nissa Zulbida dari Polda Jawa Timur serta polisi laki-laki bernama Bripka Hilman Lasmana dari Polda Jawa Barat.

"Mereka bersama puluhan peserta didik internasional lainnya mengikuti kegiatan Capacity Building “The First Level Police Chief Training and The Non Thesis Master Degree” selama 2 tahun di Turki," kata Nurul. 

Pada penutupan pendidikan, Nurul menuturkan, tiga anggota Polri dan puluhan peserta didik internasional lainnya diwisuda langsung oleh Presiden Turki Erdogan. 

"Pada Rabu, 26 Juli 2023 Kedutaan Besar RI Ankara didampingi oleh Atase Polri menghadiri kegiatan Turkish National Police Academy (TNPA) Graduation Ceremony yang ditutup resmi oleh Presiden Erdogan," katanya lagi. 

Lebih lanjut, Nurul juga menyampaikan bahwaseluruh rangkaian kegiatan pendidikan TNPA selama 2 tahun telah berhasil dilakukan secara baik dan lancar. 

"Selanjutnya ketiga personel Polri akan kembali ke Indonesia pada Sabtu, 29 Agustus 2023," tandasnya. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya