Pemulangan Gelombang I Berakhir 18 Juli 2023, Jemaah Haji Semringah Dihadiahi Bunga Mawar

Kepulangan jemaah haji di Bandara King Abdul Aziz Jeddah
Sumber :
  • MCH 2023

JEDDAH – Pemulangan jemaah haji gelombang satu dari Bandara King Abdul Aziz International (KAIA) Jeddah terus berlangsung. Hingga Senin, 17 Juli 2023, berdasarkan data dari Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu atau Siskohat Kemenag tercatat, jemaah haji yang tiba di Tanah air sudah ada 234 kelompok terbang (kloter) dengan jumlah jemaah 88.639 orang.

Bahas Persiapan Haji 2025, Menag Yaqut Cholil Temui Menteri Haji Arab Saudi

Direktur Bina Haji Kemenag RI, Arsad Hidayat yang didampingi Kepala Daerah Kerja Bandara PPIH Arab Saudi, Haryanto, menjelaskan hingga saat ini proses pendorongan pemulangan jemaah via Bandara Jeddah terus dilakukan. Dan perlu diketahui, pemulangan jemaah haji melalui Bandara King Abdul Aziz Jeddah ini akan berakhir 18 Juli 2023. Selanjutnya, di tanggal yang sama 18 Juli 2023, proses pemulangan gelombang kedua melalui Bandara Ameer Mohammad bin Abdul Aziz Madinah (AMAA) dimulai. Nantinya, di tanggal tersebut, tim kerja bandara dibagi menjadi dua. 

Direktur Bina Haji dan Umrah, Arsad Hidayat dan Kepala Daker Bandara, Haryanto

Photo :
  • Lutfi Dwi Puji Astuti/MCH 2023
Menag Yaqut Tantang Pansus Haji Buka-bukaan soal Temuan 3.503 Jemaah Berangkat Tanpa Antre

"Nanti  pada tanggal tersebut petugas  terbagi dua, ada yang duluan ke Madinah untuk melayani pemulangan gelombang dua, sebagian lagi stanby di Jeddah untuk bertugas pemulangan gelombang satu kloter terakhir," jelas Arsad, Minggu 16 Juli 2023.

Untuk hari ini, Senin 17 Juli 2023, dijadwalkan akan ada 20 kloter dengan jumlah total jemaah sebanyak 7.738 orang yang akan pulang dari Bandara King Abdul Aziz, Jeddah. Sementara jemaah haji yang wafat dari data Siskohat jumlahnya menjadi 652. 

Bantah Mangkir, Menag Yaqut Klaim Tak Pernah Terima Surat Panggilan Pansus Haji

Kepulangan jemaah haji di Bandara King Abdul Aziz Jeddah

Photo :
  • MCH 2023

Kepulangan jemaah haji di Bandara King Abdul Aziz Jeddah

Photo :
  • MCH 2023

Dari pantauan VIVA, jemaah haji yang pulang ke Indonesia dari Bandara King Abdul Aziz Jeddah, Sabtu, 15 Juli 2023, tampak wajah mereka bahagia. Tak cuma itu, saat kepulangan jemaah haji debarkasi Jakarta pondok gede (JKG) kloter 33, para jemaah sempat mendapat bingkisan berisi kurma dan setangkai bunga mawar dari salah satu perusahaan (sarikah) haji  Arab Saudi saat berangkat dari paviliun 4.D, King Abdulaziz Jeddah menuju tanah air.

Pemberian mawar dan kurma menurut sarikah tersebut sebagai bentuk pelayanan dan penghormatan pada jemaah haji Indonesia yang diberikan pihak  Saudi. "Semoga dengan pemberian ini haji Indonesia senang dan terhibur, setibanya ke Indonesia selamat dan berjumpa kembali dengan keluarga," kata Alyaa Malibari mewakili sarikah tersebut.

Saat ditanya terkait bingkisan dari sarikah, salah satu jemaah Daryono mengataka, "Tentu ini  menjadi kebahagiaan tersendiri bagi jemaah. Dan kami mengucapkan terimakasih," ujarnya. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya