Jokowi Dikabarkan Lantik Budi Arie Jadi Menkominfo Besok

Ketua DPP Projo Budi Arie Setiadi
Sumber :
  • VIVA/Farhan Faris

Jakarta – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dikabarkan akan melantik sejumlah menteri dan wakil menteri baru di Kabinet Indonesia Maju pada Senin, 17 Juli 2023. Salah satu pejabat yang dikabarkan dilantik ialah Ketua Umum Relawan Pro Jokowi (Projo) Budi Arie Setiadi sebagai Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo).

Profesor Ilmu Politik Anggap Rencana Reshuffle Lagi Hanya untuk Kepentingan Balas Jasa

Deputi bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin membenarkan akan adanya pelantikan menteri. Kendati begitu, ia belum mengetahui siapa saja sosok menteri baru yang akan dilantik Presiden Jokowi besok.

"Benar, besok pagi akan ada pelantikan oleh Bapak Presiden. Tapi untuk jabatan apa dan siapa yang akan dilantik, kita lihat besok bersama di Istana Negara," kata Bey saat dikonfirmasi pada Minggu, 16 Juli 2023.

Kunjungan Apostolik Berakhir, Menag Ungkap Tiga Pesan Paus Fransiskus

Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo

Photo :
  • Kemenperin

Bey juga belum dapat memastikan pukul berapa pelantikan menteri baru itu dilakukan. "Untuk waktunya, jam berapa, tunggu agenda saja ya," ucapnya.

Jokowi Pakai Megaphone di Pasar Soponyono: 20 Oktober Saya Purnatugas, Mohon Pamit!

Di sisi lain, Budi Arie enggan bicara banyak saat dikonfirmasi terkait pelantikan dirinya sebagai Menkominfo besok. Ia mengatakan pelantikan itu merupakan hak prerogatif Jokowi sebagai presiden.

Adapun jika benar dilantik, Budie Arie akan menggantikan eks Menkominfo Johnny G Plate yang terjerat kasus korupsi BTS Kominfo. 

"Kami menunggu pengumuman dari Presiden. Karena itu hak prerogratif Presiden," kata Budie Arie.

Budi Arie diketahui saat ini menjabat sebagai Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi.

Selain Budi Arie, Presiden Jokowi juga dikabarkan akan melantik menteri dan wakil menteri baru lainnya. Berdasarkan nama yang beredar melalui pesan berantai WhatsApp, ada Wamenkominfo Nezar Patria, Wakil Menteri Luar Negeri Pahala Mansury, Wakil Menteri BUMN Rosan Roeslani, serta Wantimpres Djan Farid dan Gandi Sulistiyanto.

Diketahui, Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G Plate ditetapkan sebagai tersangka kasus korupsi penyediaan infrastruktur BTS 4G dan infrastruktur pendukung paket 1, 2, 3, 4, dan 5 BAKTI Kementerian Komunikasi dan Informatika Tahun 2020 sampai 2022.

Sekretaris Jenderal Partai NasDem ini dijadikan tersangka usai menjalani pemeriksaan ketiga kali pada Rabu, 17 Mei 2023. Usai diperiksa, Johnny Plate langsung memakai baju rompi tahanan warna pink dengan tangan diborgol. Lalu, Johnny dibawa masuk ke mobil tahanan Kejaksaan Agung.

“Atas hasil pemeriksaan tersebut, tim penyidik telah meningkatkan status yang bersangkutan (Johnny Plate) dari saksi menjadi tersangka,” kata Direktur Penyidikan Jaksa Agung Muda Pidana Khusus (Dirdik Jampidsus) Kejaksaan Agung, Kuntadi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya