Pulang ke Indonesia, Jemaah Haji Gunakan Pakaian 15 Lapis di Bandara Jeddah

Ibu asal Makassar pakai baju 15 lapis pulang ke Indonesia
Sumber :
  • MCH 2023

JEDDAH – Pemulangan jemaah haji ke tanah air bertahap terus dilakukan. Untuk hari ini, Rabu 5 Juli 2023, dijadwalkan ada 15 kelompok dengan jumlah 5.678 jemaah haji yang akan pulang kembali ke Tanah Air. 

Absen Rapat Pansus Alasan ke Makkah, Pegawai Kemenag Ternyata Ada di Kantornya

Terkait pemulangan ini, tak henti-hentinya pihak maskapai baik Garuda Airlines maupun Saudi Arabia Airlines mengimbau kepada para jemaah agar barang bawaan tidak melebihi ketentuan.

Seperti diketahui, berdasarkan ketentuan pihak maskapai dan otoritas bandara, barang bawaan dibagasi hanya dibatasi maksimal 32 kg dan barang bawaan untuk di atas kabin maksimal hanya seberat 7 kg.

Pansus Haji DPR Geruduk Gedung Siskohat Kementerian Agama, Apa yang Dicari?

Karena peraturan ini, banyak hal-hal unik dan lucu yang dilakukan para jemaah agar barang bawaannya bisa terbawa semua ke Tanah Air. Salah satu jemaah asal dari Makassar, Embarkasi Ujung Pandang, UPG 1, memiliki ide yang menarik agar barang bawaannya bisa terangkut semua.

Ibu ini, memilih menggunakan baju berlapis-lapis, bahkan sampai 15 lapis. Saat ditemui petugas di Bandara King Abdul Aziz, Jeddah, ibu ini mengaku, banyak barangnya yang terpaksa harus ditinggal karena over capacity. 

Wapres Ma’ruf Amin Hadiri Pengukuhan Kepengurusan Amphuri

Tak ingin baju-baju kesayangannya tertinggal, ia memilih untuk menggunakan 15 lapis sekaligus celananya. Tak hanya pakaian, kerudung yang digunakan juga berlapis-lapis. 

Seperti diketahui, selepas para jemaah meninggalkan paviliun banyak barang yang ditingalkan jemaah tercecer dan berserakan. Barang-barang tersebut mulai dari air Zamzam, pakaian bekas pakai jemaah, beraneka ragam oleh-oleh, kain ihrom hingga makanan dan minuman ringan. 

Sebagai solusi untuk para jemaah haji, agar barang bawaan tidak over bagasi atau over capacity, bisa lakukan penitipan bagasi pada jemaah yang memang tidak membawa banyak barang. Hal ini juga dilakukan oleh jemaah asal Banteng, Mukimah dari Embarkasi Jakarta, JKG 03. Ia tampak hanya membawa satu koper kecil. Dan diakuinya, agar tidak kelebihan bagasi, ia menitipkan barang bawaan beserta oleh-oleh pada jemaah lain dengan mebayar bagasi 1kg seharga 20 Riyal. 

“Saya titip 20 kg. Ada banyak oleh-oleh, saya pinjam bagasi tapi bayar, perkilogram barang 20 Riyal,” katanya. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya