2 Oknum Prajurit TNI Ditahan Denpom Buntut Geber Motor dan Acungkan Senjata ke Warga

Ilustrasi Prajurit TNI.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Rahmad

Makassar – Detasemen Polisi Militer (Denpom) XIV/4 Makassar menahan dua oknum anggota TNI di Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel), Pratu Arief dan Pratu Muh Zaid. Kedua prajurit TNI itu ditahan lantaran berbuat ulah dengan menggeber motor berknalpot brong dan mengacungkan senjata. 

Cek Harga Bapok di Pasar Soponyono Surabaya, Jokowi Pamit ke Warga

Komandan Rayon Militer Koramil 1408-10/PNK Mayor Inf Agus Rohmat Hidayat mengatakan, kedua oknum tersebut telah diproses ke Detasemen Polisi Militer (Denpom) XIV/4 Makassar untuk menjalani pemeriksaan.

"Benar, keduanya telah diamankan di Koramil, tapi sekarang diprosesnya di Denpom," ujar Mayor Inf Agus Rohmat Hidayat saat dimintai konfirmasi, Jumat 16 Juni 2023.

Pembahasan UU Angkatan Siber TNI Harus Libatkan Masyarakat, Kata Pengamat

Sejumlah prajurit TNI menyusuri jalan setapak dalam hutan. [Ilustrasi]

Photo :
  • ANTARA FOTO/Edy

Agus menjelaskan, kedua oknum prajurit TNI itu diamankan awalnya di Koramil usai diburu warga. Kemudian diserahkan ke Denpom sejak malam tadi untuk proses penyelidikan. 

Legislator PDIP Tak Setuju Pertahanan Siber Jadi Matra Keempat TNI

"Mereka diserahkan ke Denpom tadi malam untuk proses penyelidikan. Sejak malam tadi memang sedang diburu warga dan diamankan polisi lalu di bawa ke Koramil, " katanya 

Agus mengatakan, belum tahu pasti terkait motif keduanya menggeber motor dan mengacungkan senjata. Meski begitu, Agus mengaku jika oknum tersebut masih proses pemeriksaan masih dilakukan Denpom.

"Belum tahu motif pastinya apa. Nantilah setelah mereka diproses. Nanti juga kita bisa tahu hukuman yang diberikan seperti apa,"ungkapnya.

Seperti diketahui, dua oknum anggota TNI bernama Pratu Arief dan Pratu Muh Zaid diburu oleh sekelompok warga Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel). Kedua prajurit TNI itu kemudian berhasil diselamatkan setelah diamankan polisi. Menurut informasi, kedua prajurit TNI itu dikejar gegara menggeber motor berknalpot brong dan mengacungkan senjata ke warga. 

"Benar, mereka diamankan 2 anggota TNI 431 Kostrad Kariango," ujar Kapolsek Manggala Kompol Syamsuardi dalam keterangannya kepada VIVA, Jumat 16 Juni 2023.

Syamsuardi menjelaskan, jika peristiwa tersebut terjadi sekitar pukul 23.30 Wita di Perumahan Villa Garden, Jalan Toddopuli 10, Kecamatan Manggala, Makassar, Kamis malam 15 Juni 2023.

Syamsuardi menyebut, jika kedua anggota TNI tersebut baru saja meminum minuman keras bersama temannya di Pasar Segar, Jalan Pengayoman, Kecamatan Panakkukang, Makassar. 

Knalpot Bising.

Photo :
  • edorusyanto.wordpress.com

Kemudian, kedua anggota TNI tersebut berencana ke rumah keluarganya berboncengan motor ke daerah Toddopuli Kecamatan Manggala. Namun tiba-tiba, mereka menggeber motor di pinggir jalan dan ditegur warga.  Setelah ditegur mereka mengumpat kata kasar dan mengacungkan senjata hingga akhirnya diburu warga. 

"Dari keterangan warga kalau oknum TNI ini memiliki knalpot brong dan sengaja gas-gas di jalan sambil berteriak, sambil mengacungkan senjata shotgun warna cream hitam ke warga yang berkumpul di pinggir jalan," terangnya

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya