Momen Panglima TNI dan Kepala Staf 3 Matra Datangi TKP Kebakaran Depo Plumpang

Panglima TNI Laksamana Yudo Margono bersama Kepala Staf 3 Matra di Plumpang
Sumber :
  • VIVA/Zendy Pradana

VIVA Nasional – Panglima TNI Laksamana Yudo Margono datang langsung ke lokasi kebakaran Depo Pertamina Plumpang bersama dengan Kepala Staf 3 Matra TNI pada Senin 6 Maret 2023. Ia datang ke lokasi ditemani KSAD Jenderal Dudung Abdurrachman, KSAU Marsekal Fadjar Prasetyo, KSAL Muhammad Ali, dan Pangdam Jaya Mayjen Untung Budiharto.

Langkah Mudah Cara Mengatasi Korsleting Listrik di Rumah Tanpa Tukang!

Peninjauan yang dilakukan oleh Yudo itu bertujuan untuk menentukan langkah selanjutnya pasca kebakaran hebat pada Jumat malam itu.

"Pada kesempatan sore ini. Saya akan melihat nanti bagaimana mengambil langkah-langkah untuk para prajurit kita, TNI yang akan membantu," ujar Yudo dilokasi kebakaran pada Senin 6 Maret 2023.

Satu Orang Tewas dalam Kebakaran Rumah Kontrakan di Grogol

Situasi terkini usai kebakaran depo Pertamina Plumpang

Photo :
  • AP Photo/Tatan Syuflana

Namun demikian, Yudo menekankan langkah selanjutnya pun tetap diikuti dengan apa yang telah ditentukan oleh pemerintah pusat. Ia hanya menyatakan bahwa TNI siap mengerahkan sejumlah personel untuk membantu langkah selanjutnya.

Kebakaran di Penggilingan Jaktim Diduga Akibat Korsleting Listrik

"Nanti kita tentunya akan mengikuti apa yang akan diambil langkah oleh pemerintah. Sehingga, kita dapat mengerahkan mungkin prajurit ataupun alat-alat yang bisa kita kerahkan untuk membantu Pemerintah," kata dia.

TNI Terjunkan Tim Psikologi

Yudo juga mengatakan bahwa TNI akan menurunkan tim psikologi guna memberikan program trauma healing untuk para korban kebakaran Depo Pertamina Plumpang, Koja, Jakarta Utara. Hal itu diungkap Yudo karena telah melihat Kak Seto di lokasi kebakaran yang sedang memberikan program trauma healing kepada korban.

"Oh itu sangat bagus, acara keberlanjutan kan anak-anak ini, setiap bencana kan ada anak-anak yang trauma, sehingga ada program trauma healing tadi ya, sangat bagus," kata Yudo saat menyambangi lokasi kebakaran pada Senin 6 Maret 2023.

"Nanti kita bantu dari angkatan darat, angkata laut, angkatan udara kan punya tim psikologi yang biasanya datang ke tempat-tempat bencana seperti ini," lanjutnya.

Kolinlamil TNI AL gelar aksi cepat tanggap darurat pasca kebakaran di Plumpang

Photo :
  • Dok. Dispenal

Nantinya, kata Yudo, TNI akan memberikan dukungan kepada Kak Seto memberikan program trauma healing kepada anak-anak korban kebakaran Depo Pertamina. "Nanti akan kita dukung. Nanti koordinasi denhan ka seto supaya ada keberlanjutan sampe kapan pun, karena anak-anak ini yang melanjutkan jadi jangan sampai terganggu (psikologisnya)," bebernya.

Ia juga datang untuk memberikan sejumlah bantuan berupa sembako kepada para korban jiwa maupun terdampak kebakaran.

Seperti diketahui, kebakaran hebat melanda Depo Pertamina Plumpang di Koja, Jakarta Utara pada Jumat, 3 Maret 2023 malam. Dugaan sementara, Depo Pertamina Plumpang terbakar akibat tersambar petir.

"Informasi yang diterima, dugaan awal [akibat] tersambar petir," kata Kepala Seksi Operasi Pemadam Kebakaran Jakarta Utara Abdul Wahid saat dikonfirmasi wartawan pada Jumat malam.

RS Polri telah menerima 15 kantong jenazah dari peristiwa kebakaran itu. Dari 15 kantong itu, terdapat  9 jenazah laki-laki dan 5 perempuan serta satu body part (bagian tubuh).

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya