Profil Kapolda Jambi yang Naik Helikopter Mendarat Darurat di Hutan

Irjen Rusdi Hartono saat menjabat Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri dengan pangkat Brigjen
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA Nasional – Helikopter yang ditumpangi oleh Kapolda Jambi, Irjen Pol Rusdi Hartono dikabarkan mendarat secara darurat di salah satu hutan di Kabupaten Kerinci, Jambi pada Minggu, 19 Februari 2023. 

Penumpang yang menaiki helikopter tersebut antara lain ada Kapolda Jambi, Irjen Pol Rusdi Hartono, Dirreskrimum Polda Jambi Kombes Pol Andri Ananta Yudistira, Dirpolairud Polda Jambi Kombes Pol. Michael Mumbunan, Koorspri Kompol Ayani dan ADC Polda Jambi yang diketahui masih dalam proses pencarian. 

Helikopter yang ditumpangi Kapolda Jambi mendarat darurat di hutan.

Photo :
  • VIVA/Syarifuddin Nasution (Jambi)-tangkapan layar video.
Bripka Joko Jadi Penggali Kubur Secara Sukarela, Irjen Sandi Sampaikan Pesan Kapolri

Semua penumpang dalam helikopter tersebut dinyatakan selamat berdasarkan laporan yang diterima dari Kabid Humas Polda Jambi Kombes Pol Mulia Prianto. Kapolda Jambi beserta rombongannya diketahui hendak melakukan perjalanan ke Kerinci dalam rangka kunjungan kerja ke Polres Kerinci untuk meresmikan gedung SPKT.

Sementara Jenis helikopter yang ditumpangi oleh Kapolda Jambi dan rombongannya adalah Super Bell 3001 yang mendarat tepat di hutan Desa Tamiai, Kecamatan Batang Merangin, Kerinci.  Sosok Irjen Pol Rusdi Hartono sendiri menjadi sorotan dalam pemberitaan lantaran helikopternya mendarat darurat di hutan. Berikut ini profilnya.

Soroti Oknum Pati Polri Suka Flexing, Haidar Alwi: Harusnya Mereka Malu sama Kapolri

Profil Irjen Pol Rusdi Hartono

Irjen Rusdi Hartono, ketika menjabat Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri dengan pangkat Brigjen

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Sebelumnya, Irjen Pol Rusdi Hartono telah ditunjuk oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo untuk menjabat sebagai Kapolda Sumatera Barat menggantikan Irjen Pol Teddy Minahasa. 

Rusdi sebelumnya menjabat sebagai Widyaiswara Kepolisian Utama Tk I Sespim Lemdiklat Polri. Pria kelahiran Jakarta, 27 April 1969 tersebut mengenyam pendidikannya di Akademi Kepolisian dan lulus pada tahun 1991. 

Sebagai informasi, Rusdi juga pernah berpengalaman dalam bidang lalu lintas (lantas). Beliau pernah mengemban jabatan sebagai Kapolres di Garut dan Cimahi. Kemudian Rusdi hijrah ke Sumatera menjabat Wadirlantas  Polda Riau pada tahun 2010. 

Kapolda Jambi Irjen Pol Rusdi Hartono

Photo :
  • Antara

Pada tahun 2011, Rusdi memegang amanat dengan menjabat sebagai Dirlantas Polda Kepri. Kemudian dirinya  kembali  ke Pulau Jawa untuk menjadi Dirlantas Polda Jabar. 

Selain itu, Rusdi juga pernah ditugaskan ke Sulawesi tepatnya di Makassar sebagai Kapolrestabes Makassar Polda Sulsel pada tahun 2015 selain ditugaskan di Pulau Sumatra dan Jawa. 

Rusdi juga pernah menjabat sebagai Kabagkuhjardikbangspes Rokulum Lemdikpol Polri, Kabaganev Robinops Sops Polri, serta Karopenmas Divhumas Polri. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya