KAI Daop 4 Catat 57.264 Penumpang Kereta Api Selama Masa Libur Tahun Baru

Penumpang naik ke kereta api di Stasiun Tawang Semarang.
Sumber :
  • tvOne/ Teguh Joko Sutrisno

VIVA Nasional – Selama masa libur tahun baru dari 31 Desember 2022 hingga 3 Januari 2023, PT KAI Daop 4 Semarang mencatat ada sebanyak 57.264 penumpang kereta yang naik dari stasiun yang berada di wilayahnya. Jumlah tersebut merupakan gabungan dari penumpang KA Jarak Jauh dan KA Lokal dengan angka rata-rata harian 14.316 orang.

Nataru, Menhub Siapkan 3.500 Kuota Mudik Gratis Jalur Darat dan 29.972 Tiket Kapal

Manager Humas KAI Daop 4 Semarang, Ixfan Hendri Wintoko mengatakan, Stasiun Semarang Tawang menjadi yang terbanyak melayani penumpang yaitu 15.048 orang atau 3.762 per hari. Kemudian Stasiun Semarang Poncol sebanyak 14.157 orang atau 3.539 per hari, serta Stasiun Tegal sebanyak 9.576 orang atau 2.394 per hari.

Sementara Stasiun Pekalongan jumlah penumpang yang dilayani sebanyak 6.196 orang atau 1.549 per hari, dan Stasiun Cepu dengan jumlah penumpang yang dilayani sebanyak 2.537 orang atau 634 per hari.

Daftar Film yang Langganan Diputar saat Natal dan Tahun Baru, Mana Favoritmu?

Kereta api di wilayah Daop IV Semarang/Ilustrasi.

Photo :
  • VIVA/ Dwi Royanto.

"Untuk rute favorit itu dari Semarang ke Jakarta, kemudian Semarang ke Surabaya, Semarang ke Bandung, dan Semarang ke Tegal," ujar Ixfan di Semarang, Rabu, 4 Januari 2023.

Kapolri Minta Masyarakat Tidak Paksakan Berkendara saat Mudik Libur Natal dan Tahun Baru

Ia menambahkan, kereta api jurusan Jakarta yang menjadi favorit masyarakat pada periode tersebut adalah KA Argo Muria, KA Argo Sindoro, dan KA Tawang Jaya. Kemudian untuk jurusan Bandung adalah KA Ciremai, jurusan Surabaya KA Ambarawa Ekspress, dan jurusan Tegal KA Kaligung.

Terkait dampak banjir yang terjadi di Stasiun Semarang Tawang, Ixfan mengatakan ada sejumlah pembatalan tiket. Tercatat sejak 31 Desember 2022 sampai 2 Januari 2023 ada 8.825 pelanggan yang melakukan pembatalan.

"Selama banjir kemarin kami berusaha memberikan alternatif untuk pelayanan pelanggan, bisa batal, reschedule, atau diangkut dengan bus. Yang pasti, kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat yang telah menggunakan layanan kereta api pada masa libur akhir tahun ini," kata Ixfan.

Laporan Teguh Joko Sutrisno

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya