Bikin Kaget, Gus Samsudin Dapat Kenaikan Gelar Bangsawan Keraton Solo

Gus Samsudin di Keraton Solo
Sumber :
  • VIVA/Fajar Sodiq

VIVA Nasional – Samsudin Jadab yang akrab disapa Gus Samsudin, pemilik Padepokan Nur Dzat Sejati di Desa Rejowinangun, Kabupaten Blitar, Jawa Timur sedang viral di media sosial setelah mendapatkan gelar bangsawan dari Keraton Kasunanan Surakarta atau Keraton Solo. Gus Samsudin yang merupakan ahli supranatural alias dukun itu mendapatkan penghargaan gelar bangsawan dari Lembaga Dewan Adat Keraton Kasunanan Surakarta.

Habib Rizieq Dukung Pesulap Merah Bongkar 1001 Kebohongan Dukun

Berdasarkan informasi yang dihimpun VIVA, Gus Samsudin mendapatkan kenaikan gelar bangsawan dari Raden Tumenggung Samsudin Condrodipo menjadi Kanjeng Raden Tumenggung Samsudin Condronegoro. Pemberian kenaikan gelar tersebut dilakukan oleh Ketua Lembaga Dewan Adat Keraton Kasunanan Surakarta, GKR Wandansari Koes Moertiyah pada beberapa waktu lalu.

Tokoh Lintas Iman Beri Gelar Muhaimin Iskandar Sebagai Bapak Toleransi Penjaga Pancasila

Bahkan, pemberian gelar bangsawan tersebut juga diunggah di channel YouTube milik Gus Samsudin, Gus Samsuen Jaddab. Saat pemberian gelar tersebut yang bersangkutan juga didampingi sejumlah pengurus Paguyuban Kawula Keraton Surakarta (Pokoso) Blitar, Jawa Timur.

Ketua Lembaga Dewan Adat Keraton Kasunanan Surakarta, GKR Wandansari Koes Moertiyah atau yang akrab disapa Gusti Moeng menjelaskan pemberian gelar bangsawan kepada Gus Samsudin dilakukan pada November 2022 lalu. Ia mendapatkan kenaikan gelar bangsawan lantaran dianggap sebagai tokoh masyarakat di lingkungannya.

Gus Samsudin Divonis Bebas Setelah 4 Bulan Ditahan, Ini Dia Kasus yang Menjeratnya

Gus Samsudin

Photo :
  • Tangkapan Layar: Instagram

“Gelarnya KRT (Kanjeng Raden Tumenggung). Apapun kan dia sebagai tokoh masyarakat di lingkupnya itu dengan diberi kepercayaan penghargaan dari keraton biar semakin baik untuk berbuat masyarakat itu,” kata Gusti Moeng kepada VIVA di Keraton Kasunanan Surakarta, Rabu, 28 Desember 2022.

Menurut dia, Gus Samsudin bukan pertama kalinya mendapatkan gelar bangsawan dari Keraton Kasunanan Surakarta atau Solo. Pemberian gelar yang dilakukan pada bulan November kemarin merupakan kenaikan pangkat gelar bangsawan.

“Tadinya Raden Tumenggung (gelarnya) terus sekarang pakai tambahan Kanjeng jadi Kanjeng Raden Tumenggung,” jelas Gusti Moeng yang merupakan salah satu putri mendiang Sinuhun Paku Buwono XII.

Putri Norwegia Martha Louise

Viral Pernikahan Putri Norwegia dengan Dukun, Simak Profil Princess Martha Louise

Putri Norwegia Märtha Louise resmi menikah dengan Durek Verrett yang diketahui berprofesi sebagai dukun dan penganut illuminati. Ini hidup profil putri sulung kontroversi

img_title
VIVA.co.id
3 September 2024