10 Kementerian Paling Populer Sepanjang 2022 Versi Continuum

Kementerian Komunikasi dan Informatika.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Agus Tri Haryanto

VIVA Nasional  – Institute for Development of Economis and Finance (INDEF) bersama dengan Continuum melakukan riset mengenai sejumlah kementerian yang paling populer karena banyak dibicarakan di media sosial. Dalam kesempatan itu, Peneliti di Continuum Wahyu Tri Utomo mengatakan, sepanjang tahun 2022, Kementerian yang paling Populer dan banyak dibicarakan adalah Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo).

Harga Emas Hari Ini 18 Desember 2024: Produk Antam Stagnan, Gloal Kinclong

"Ternyata Kementerian yang paling terkenal adalah Kementerian Kominfo. Jadi top tennya adalah Kementerian kominfo dengan 135 ribu perbincangan," kata Wahyu dalam keterangannya, Jumat 23 Desember 2022.

Kementerian Komunikasi dan Informatika / Kominfo.

Photo :
  • vivanews/Andry Daud
Rupiah Dibuka Menguat, Investor Tunggu Hasil RDG Bank Indonesia

Kementerian yang terpopuler kedua yang paling banyak diperbincangkan di media sosial adalah Kementerian Perdagangan. Sebanyak ada 122 ribu perbincangan di media sosial mengenai Kementerian Perdagangan sepanjang 2022.

Selain itu, disusul oleh Kementerian Keuangan yang paling banyak diperbincangkan ketiga sepanjang 2022. Ada 86 ribu percakapan di media sosial yang membicarakan mengenai kebijakan di Kementerian Keuangan.

Dibuka Menghijau, IHSG Diprediksi Lanjut Melemah Seiring Lesunya Bursa Asia-Pasifik

"Setelah Kominfo, ada Kementerian Perdagangan 122 ribu, kemudian ada kementerian keuangan 86 ribu perbincangan, ada Kementerian Pertahanan dengan 81 ribu perbincangan, Ada Kementerian Kesehatan dengan 80,8 ribu perbincangan," uhar Wahyu

Setelah itu, ada Kementerian Agama yang berada di posisi keenam Kementerian paling populer dengan perbincangan sebanyak 79 ribu sepanjang tahun 2022. Diikuti oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga diurutan ketujuh.

"Ada kemenpora 70,7 ribu perbincangan, kemudian Kementerian Dalam Negeri dengan 51,5 ribu perbincangan di media sosial sepanjang tahun 2022," kata Wahyu

Gedung Kementerian BUMN. Foto ilustrasi.

Photo :
  • VIVA/Andry Daud

Untuk posisi kesembilan Kementerian paling Populer ada Kementerian Badan Usaha Milik Negara dengan 48,1 ribu perbincangan. Kemudian Kementerian Agraria dan Tata Ruang (ATR) dengan 47,9 ribu perbincangan di media sosial.

"Kementerian BUMN banyak disoroti warganet terkait dengan informasi sosialisasi dari perkembangan BUMN karena bidang usahanya banyak, dari a sampai z," kata Wahyu

Sementara Kementerian ATR, lanjutnya, terkait dengan upaya untuk reformasi Agraria dan sertifikasi tanah. "Banyak yang senang dengan itu sertifikasi Setelah sekian tahun akhirnya sertifikasi tanah didapatkan," ujarnya

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya