VIVA RePlay 2022: Bom Bunuh Diri Guncang Polsek Astana Anyar

Bom bunuh diri di Polsek Astana Anyar, Kota Bandung, Jawa Barat
Sumber :

VIVA Nasional – Perjalanan 2022 akan berakhir dalam hitungan hari dan menyambut perjalanan baru di 2023. Berbagai peristiwa besar sepanjang 2022 telah terjadi dan menjadi catatan. Salah satunya aksi bom bunuh diri di Mapolsek Astana Anyar Kota Bandung pada Rabu 7 Desember 2022.

Remaja di Puncak Bogor Dipukuli Hingga Meninggal Dunia

Peristiwa pada pagi itu mengagetkan banyak pihak karena selain menjelang pergantian tahun, namun bertepatan dengan gelaran pernikahan anak Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi).

Seorang Wanita Diduga Bunuh Diri, Tabrakkan Badan ke KRL

Akibat peristiwa ini, pelaku bom bunuh diri tewas di tempat dan satu anggota Polri juga meninggal dunia. Beberapa anggota Polri lainnya dan warga juga ada yang mengalami luka.

VIVA pun sudah merangkum peristiwa teror bom di Polsek Astana Anyar dalam VIVA RePlay 2022:

Resep Cireng Isi Ayam Pedas, Camilan Lezat dan Mudah Dibuat di Rumah

1. Pelaku Terafiliasi JAD Jawa Barat

Polsek Astana Anyar Bandung

Photo :
  • istimewa

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyatakan pelaku bom bunuh diri di Mapolsek Astana Anyar Kota Bandung merupakan afiliasi Jamaah Ansharut Daulah (JAD) di Jawa Barat.

"Hasil pemeriksaan sidik jari dan kemudian juga kita lihat dari (pusat data) menyebutkan bahwa identitas pelaku adalah Agus atau yang biasa dikenal dengan Agus Muslim," ungkap Kapolri di Bandung.

Bahkan, Agus tercatat merupakan bagian dari aksi teror bom di Cicendo Kota Bandung Jawa Barat beberapa tahun lalu. "Yang bersangkutan permah ditangkap karena  peristiwa bom Cicendo dan sempat dihukum 4 tahun dan 2021 yang bersangkutan bebas," katanya.

"Pelaku terafiliasi dengan JAD Bandung atau JAD Jabar dam saat ini tim terus bekerja untuk menuntaskan peristiwa yang terjadi," tambahnya.

2. Eks Napiter

Polsek Astanaanyar

Photo :
  • Twitter @yusuf_dumdum

Ancaman eksistensi teroris ini sempat diingatkan Mabes Polri. Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan menjelaskan pelaku bom bunuh diri di Markas Polsek Astana Anyar, Bandung, Jawa Barat, mantan narapidana tindak pidana teroris (napiter), yakni Agus Sujatno alias AS.

“Kami profiling bahwa yang bersangkutan mantan napiter atau napi teroris yang telah atau menjalani masa hukuman penjara, karena keterlibatan tindak pidana terorisme tahun 2017 di Bandung, Jawa Barat, atau yang kita kenal bom panci Cicendo,” kata Ramadhan.

Menurutnya, yang bersangkutan membeli bahan peledak bersama Yayat Sahdia, kemudian mereka merencanakan membuat dan menjadi pelaku peledakan.

3. Polisi Jadi Target

Bom bunuh diri meledak di Polsek Astana Anyar, Kota Bandung.

Photo :
  • VIVA.co.id/ Adi Suparman (Bandung)

Atas insiden itu, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), Komjen Pol Boy Rafli Amar mendatangi Mapolsek Astanaanyar Kota Bandung Jawa Barat pasca diserang bom bunuh diri pada Rabu 7 Desember 2022. Boy menegaskan pihaknya bakal mengusut tuntas kasus tersebut.

"Dari peristiwa yang terjadi, negara sangat mengutuk dengan keras, negara sangat mengecam peristiwa kekerasan seperti ini, kita sesalkan kembali terjadi. Kita tentu belasungkawa terhadap aparat kepolisian yang gugur dan juga yang mengalami luka," tegasnya.

Boy memastikan eksistensi kelompok radikal di tanah air terus diberantas. "Karena ini menyebar luasnya cepat sekali seperti penyebarluasan virus dan sangat berbahaya," katanya.

Boy menegaskan, aksi kemarin diduga pelaku menargetkan anggota polisi. "Memang selama ini di kalangan kelompok pelaku terorisme, kepolisian yang selama ini dianggap terdepan menjadi ancaman bagi mereka," katanya.

"Jadi secara psikologis di kalangan mereka ini menjadikan unsur kepolisian sebagai target untuk balas dendam mereka, ini tentu sangat kita sayangkan terjadi, apalagi kembali ada yang gugur," tambahnya.

Dari pengembangan itu, Detasemen Khusus (Densus) Mabes Polri mengamankan enam orang diduga berkaitan dengan aksi bom bunuh diri Mapolsek Astanaanyar. Di antaranya, Enam terduga itu di antaranya YS, SH, AS, DP, TJD, dan AM. 

4. Pengamanan Wisata Diperketat

Kepala Polresta Bandung, Komisaris Besar Polisi Kusworo Wibowo

Photo :
  • ANTARA/Bagus A Rizaldi

Pasca bom bunuh diri di Mapolsek Astanaanyar Kota Bandung Jawa Barat pada Rabu 7 Desember 2022 memicu pengamanan libur panjang Natal dan Tahun Baru (Nataru) diperketat. Salahsatunya di Kabupaten Bandung.

Polresta Bandung menyiagakan 950 personil di berbagai lokasi strategis yang didatangi wisatawan dan memberlakukan 24 pos pengamanan serta dua pos pelayanan di Nagreg dan jalur wisata Ciwidey.

"Dalam pengamanan Nataru nanti, kita menyiapkan 24 pos pengamanan dan 2 pos pelayanan di wilayah Nagreg dan wilayah objek wisata Ciwidey," ujar Kapolresta Bandung Kombes Pol Kusworo Wibowo, Jumat 16 Desember 2022.

Pihaknya juga menyediakan layanan pom mini untuk memudahkan wisatawan. "Bagi masyarakat yang kehabisan bensin diperjalanan, itu bisa telepon ke 110 di Polresta Bandung, kami akan antarkan dimana mobil itu kehabisan bensin," terangnya.

5. Aturan Libur Panjang Diperketat

Wali Kota Bandung, Yana Mulyana

Photo :
  • Adi Suparman (Bandung)/ VIVA

Selain ancaman teroris, penyebaran Covid-19 juga diantisipasi. Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung menyepakati rumusan penanganan Covid-19 serta perayaan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2022-2023. Hal itu tertuang dalam Rapat Penanganan Covid-19 dan Persiapan Nataru 2022-2023, Rabu 21 Desember 2022.

Wali Kota Bandung, Yana Mulyana berharap seluruh jajaran di Pemkot Bandung dapat berkolaborasi dalam penanganan Covid-19 dan persiapan Nataru 2022-2023. “Kita jaga agar Kota Bandung tetap kondusif dan mampu menangani penyebaran Covid-19,” ujar Yana.

Ketua Satgas Harian Covid-19 Kota Bandung, Asep Saeful Gufron memaparkan pada libur Nataru 2022-2023, diprediksi ada 1,18 juta orang yang akan berkunjung ke Kota Bandung dengan estimasi 83.367 kendaraan. Menurutnya, tidak ada pembatasan ibadah maupun perayaan Nataru. Kendati demikian, masyarakat diwajibkan mematuhi ketentuan yang ditetapkan pemerintah untuk mencegah penularan Covid-19.

6. Jangan Takut

Wali Kota Bandung, Yana Mulyana meminta masyarakat tidak perlu resah dan takut karena adanya peristiwa bom bunuh diri di Polsek Astanaanyar, Rabu 7 Desember 2022. Yana meminta warga Kota Bandung bersatu agar menjaga keamanan dan ketertiban Kota Bandung tetap kondusif.

"Kita sama-sama jaga Bandung tetap kondusif terutama dalam ikhtiar kita di masa pandemi ini tengah melakukan percepatan ekonomi," kata Yana.

Yana mengimbau agar aparat kewilayah terus berkoordinasi dengan Forkopimcam dan instansi terkait lainnya di wilayah masing - masing. "Aparat kewilayahan terus berkoordinasi dengan Forkopimcam di wilayah masing-masing. Kita harus terus menjaga agar pelayanan publik di Kota Bandung tidak terganggu," katanya.

Selain itu, Yana mengimbau, agar masyarakat jangan menyebarkan gambar dan berita hoaks mengenai kejadian ini. "Kami imbau masyarakat untuk tidak menyebarkan foto atau berita hoaks karena nanti seluruh info akan diupdate oleh Kapolda setelah olah TKP selesai," tegas Yana.

7. Puluhan Terduga Teroris Ditangkap

Ilustrasi penangkapan terduga teroris

Photo :
  • vstory

Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror mengamankan sebanyak 26 tersangka tindak pidana terorisme sepanjang bulan Desember 2022, baik sebelum maupun setelah peristiwa bom bunuh diri di Polsek Astana Anyar Bandung, Jawa Barat.

Karopenmas Divisi Humas Polri Brigjen Pol Ahmad Ramadhan, di Polda Jawa Barat, Rabu, mengatakan sebanyak 26 tersangka itu ditangkap di lima daerah, yakni Jawa Tengah, Jawa Barat, Sumatera Utara, Sumatera Barat, dan Riau.

Dia mengatakan seluruh tersangka yang diamankan itu tergabung dalam jaringan Jamaah Ansharut Daulah (JAD) dan Jamaah Islamiyah (JI).

"Dari 26 tersangka ini ada dua kelompok jaringan, yaitu 14 tersangka merupakan jaringan JAD dan 12 tersangka JI," katanya.

Dia menjelaskan pada 1 Desember 2022 ada tujuh tersangka di Jawa Tengah yang diamankan berinisial KA, PM, SA, JU, PH, MHN, dan BDH. Kemudian ada satu tersangka lain berinisial RSM yang ditangkap di Jawa Tengah pascakejadian bom di Polsek Astana Anyar.

Kemudian di Jawa Barat ada enam tersangka yang diamankan pascakejadian bom Astana Anyar karena diduga terlibat. Menurutnya, tiga tersangka berinisial YS, SH, dan AS telah ditahan, sedangkan sisanya DP, TJD, dan AM masih dalam proses pemeriksaan dengan status tersangka.

Selanjutnya di Sumatera Utara ada 10 orang tersangka yang diamankan berinisial HRF, MG, IS, MS, SDF, RG, AF, SF, JM, dan RD, sedangkan di Sumatera Barat ada satu tersangka yang diamankan berinisial WH dan di Riau satu tersangka diamankan berinisial SY.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya